Mohon tunggu...
Dina Finiel Habeahan
Dina Finiel Habeahan Mohon Tunggu... Guru - be do the best
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

BE A BROTHER FOR ALL

Selanjutnya

Tutup

Diary

Penolakan Memotivasi Saya Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

28 Januari 2021   21:31 Diperbarui: 28 Januari 2021   21:39 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ditolak siapa takut !!!

Pengalaman ditolak atau menolak adalah hal yang wajar terjadi dalam hidup. Dan kita pun tidak akan pernah bisa menyingkirkannya dari kehidupan kita. Sudah tak terhitung lagi banyaknya entah sudah berapa kali ditolak atau apalagi menolak. Setiap kita pasti pernah mengalaminya. Hal ini banyak kita jumpai dalam kehidupan setiap hari. Lamaran kerja ditolak,permintaan terhadap sesuatu ditolak,atau kita yang menolak ketika orang lain datang kepada kita. Pertanyaannya,bagaimana seharusnya kita bersikap ketika ditolak ?

Suatu hari saya minta tolong kepada seorang teman yang saya anggap baik dan mampu untuk melakukannya. Isi dari permintaan saya itu tidak berat-berat amatlah. Tidak butuh energi yang banyak,biaya yang banyak,apalagi waktu yang banyak. Tapi apa yang terjadi ? Permintaan saya itu ditolak. Baiklah mungkin untuk pertama kalinya saya harus memakluminya karena mungkin masih banyak pekerjaan lain yang lebih urgen. Pada saat itu saya berpikir ditolak sekali belum tentu ditolak untuk selamanya.

Beberapa hari yang lalu saya coba untuk meminta bantuannya lagi. Upss,tanpa ada basa-basi muncul kata maaf. Hal itu pertanda bahwa tidak ada kesempatan lagi untuk saya meminta bantuannya. Baiklah,saya pun berusaha menerima perkataan itu dengan lapang dada. Kecewa pasti,tapi saya ingat saya tidak berhak memaksa orang lain untuk memenuhi permintaan saya. 

Pengalaman itu telah terjadi secara berulang,lantas bagaimana seharusnya saya bersikap terhadapnya ? Apakah saya harus marah padanya atau apakah saya harus membencinya atau memutus relasi dengannya? Tidak.Pada saat itu memang saya kecewa dan marah. Apa yang harus saya lakukan dengan itu ?  Tak lain tak bukan yang saya lakukan adalah berdoa untuk memohon petunjuk Tuhan. Akhirnya saya segera menuju ruang doa tempatku untuk berkeluh kesah kepada Tuhan. Dalam keheningan itu saya mencoba untuk merenungkan peristiwa itu. Apakah aku salah pilih dalam hal minta bantuan ? Kok tega banget...rasanya tak adil..

Hmm...Sebuah penolakan adalah emosi yang sulit untuk dihadapi. Ketika berhadapan langsung dengan penolakan itu ,rasanya ini menjadi pukulan bagi egoku,dan memunculkan pertanyaan baru bagiku,apakah memang aku cukup baik ?Jawabannya, ini bukan saja perkara baik atau tidak melainkan ini bukan saat yang tepat atau kesempatan yang tepat bagi saya.

Penolakan bukanlah sebuah kegagalan. Penolakan bukanlah sesuatu yang membuat saya merasa terpuruk. Penolakan hanyalah sebuah alarm dalam kehidupan bahwa pada saat itu saya berada dijalur yang salah dan harus mencari jalan yang lain. Ketika saya bangun dan berusaha mencari jalan yang lain saya akan mendapatkan kesempatan yang baru untuk menata strategi baru untuk mencoba lagi. Situasi ini menjadi momen yang pas bagi saya untuk menggali lebih jauh potensi yang ada di dalam diriku hingga  menemukan kekuatan untuk bangkit dan memulai lagi.

Memang tidak mudah untuk melaksanakannya tapi saya yakin bahwa setiap penolakan, setiap kegagalan, dan setiap kekecewaan adalah kesempatan untuk bertumbuh dan berkembang, serta mencoba lagi untuk memulai yang baru. Pengalaman ditolak itu memang berat dan kadang pengalaman itu bisa menimbulkan konsep yang keliru tentang orang lain. 

Pengalaman saya beberapa hari yang lalu itu telah memberiku mutiara kehidupan yang berharga. Yang namanya mutiara tentu sudah mengalami banyak proses. Mau tau mutiara itu apa ? Mari kita lihat bersama,hehehe. Saya sangat bersyukur bahwa pengalaman itu terjadi kepada saya. Dengannya saya mampu menelisik kedalaman hatiku dan aku menemukan manfaatnya.Ditolak kok ada manfaatnya ? nggak salah tuh ? Ya,enggak lah. Nih,saya beritahu kamu manfaat ditolak,:

1.Memotivasi kita untuk bekerja lebih baik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun