Mohon tunggu...
Dina Finiel Habeahan
Dina Finiel Habeahan Mohon Tunggu... be do the best

BE A BROTHER FOR ALL

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Chat Hanya di-Read Doang, Tandanya Apa?

14 Januari 2021   22:24 Diperbarui: 14 Januari 2021   22:28 160 24 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Chat Hanya di-Read Doang, Tandanya Apa?
juniarmawardi.com

Pada tanggal 5 Januari yang lalu,saya merayakan ulang tahun saya bersama teman-teman satu komunitas. Momen ulang tahun adalah momen yang spesial untuk saya sekaligus juga saya mendapatkan pelayanan spesial dari anggota komunitas. Saya bersyukur bahwa pada hari itu meeka memberi cinta dan perhatian yang istimewa untukku. Hingga perayaan ulang tahun itu memiliki masa oktaf  selama 3 hari. Luar biasa untuk saya pengalaman saat itu.

Sepanjang hari itu,ucapan ulang tahun berdatangan baikdi dunia nyata maupun di dunia maya.Hehehe. Kalian tentu pernah mengalami seperti apa yang kualami,bukan. Karena banyaknya pesan,saya tidak sempat membalas satu persatu ucapan selamat itu. Pada saat itu,saya hanya mengucapkan banyak terima kasih lewat stori WA dan IG.

Ternyata sikap saya yang demikian diperhatikan oleh seorang teman. Kesannya dia kecewa karena pesan yang berisi ucapan selamat dan pembahasan tugas yang dikirimkan via mesengger dan WA hanya saya baca dan tidak saya balas. Dan ternyata memang dia sangat mengharapkan balasan chat tersebut.Hmm,apa boleh buat hal itu sudah berlalu.

 Kekecewaan itupun diungkapkannya setelah dua hari berlalu  via telepon . Spontan ia bertanya," Apakah kamu membaca pesan yang saya kirim? Mengapa tidak dibalas ? Sungguhkah tidak ada waktu untuk membalasnya ? Wah,saya tidak punya alasan lain untuk menjelaskan kepadanya mengapa saya tidak membalas pesan tersebut. Saya hanya berharap bahwa pada saat itu dia mengerti kesibukanku sehingga tidak memungkinkan saya untuk membalas semua ucapan selamat tersebut.

Tapi Satu pertanyaannya yang selalu mengusik hatiku," Kalau chat hanya diread doang tandanya apa ?" Hmm,kata hatiku," Yah,nggak ada apa-apa. Kan,nggak semua chat harus dibalas". Benarkah demikian adanya ? Hmm..ternyata perkataanku yang demikian mengundang rasa kesalnya. Jawaban yang demikian terkesan tidak menghargai orang lain yang memberikan perhatian dan dukungan terhadap saya. 

Kalimat itu selalu mengusikku ketika saya mulai membaca pesan-pesan di wa. Apakah pesan-pesan ini harus segera dibalas,ntar nggak dibalas muncul prasangka yang lain. Sayangnya,saya paling malas membuka pesan-pesan di WA. Mengapa ?? Karena ketika saya mulai membaca pesan-pesan saya akan mulai membalasnya dan kemungkinan akan terjadi ngobrol yang menyita waktu saya. Setelah itu saya akan melihat dan menonton stori WA. Jadi,untuk menghindari hal itu saya kurangi waktu untuk bermain gadget.

Dalam permenungan saya,saya mencoba memposisikan diri ketika orang lain hanya membaca pesan yang kukirimkan dan tidak dibalas. Barangkali saya sangat mengharapkan balasan chat tersebut.Tapi apa yang saya harapkan itu hanyalah angan-angan. Tentu saya akan merasa kecewa,kesal. Tapi apa perlu saya negativ thinking ? Ohh,tentu tidak. Ingat kita punya kesibukan masing-masing. Kita harus tau dan tetap positif thinking mengapa seseorang hanya membaca pesan (just read) dan tidak membalasnya. 

Ketahuilah beberapa hal ini,semoga membantumu untuk selalu positif thinking. Berikut alasannya :

1. Sedang sibuk atau urgent

Yakinlah,ketika chat kita tidak berbalas tidak melulu ada yang lain. Mungkin dia lagi sibuk dengan pekerjaan atau ada alasan urgent lainnya

2. HP sedang gangguan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x