Mohon tunggu...
Dina Amalia
Dina Amalia Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Independen

Penulis Independen. Cinta pada dunia literasi yang berkiprah pada penulisan buku. Menulis berdasarkan fakta dan kebenaran serta pengalaman hidup yang ditata rapih.

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Ciri-Ciri Buku Bajakan atau KW yang Dijual di Marketplace

18 September 2022   09:36 Diperbarui: 18 September 2022   09:41 84 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Foto: iStock / Viorika

Hingga kini, buku bajakan atau KW masih beredar luas di pasaran. Terlebih kita semua hidup dalam derasnya perkembangan teknologi, yang ketika ingin membeli keperluan apapun bisa tinggal klik, bayar, barangpun akan langsung diantar.

Marketplace merupakan platform online yang menjadi wadah bagi para penjual untuk bisa menjual berbagai produk yang dimilikinya. Contoh dari marketplace yaitu Shopee, Tokopedia, Lazada, dan sebagainya.

Ketika masyarakat dimudahkan dalam proses jual-beli secara online, namun sayangnya kemudahan ini sering dimanfaatkan oleh oknum untuk menjual barang palsu, salah satunya adalah Buku.

Ketika masyarakat ingin membeli buku tapi malas untuk mencari buku secara langsung, biasanya akan langsung mencari buku-buku melalui Marketplace, namun ternyata masih banyak masyarakat yang sering tertipu ketika membeli buku melalui Marketplace, seperti tertipu dari foto produk bahkan tertipu dari penjualnya langsung yang mengaku bahwa buku yang dijualnya adalah buku original, tapi ternyata ketika barang sampai malah buku bajakan yang diterima.

Nah, berikut ini ciri-ciri buku bajakan yang dijual di Marketplace.

Harga Sangat Murah -- Harga Dibawah Harga Pasar/Buku Originalnya

Buku bajakan rata-rata dijual dengan harga murah, biasanya ditawarkan setengahnya dari harga buku originalnya.

Kasus yang sering ditemukan adalah ketika kamu tergiur bahwa buku yang dijual adalah Buku Baru, lantas kamu langsung percaya tapi lupa untuk mengeceknya apakah buku yang dijual tersebut adalah Original atau Bajakan.

Dari segi harga sangat bersaing sekali antara Buku Bekas tapi Original dengan Buku Baru tapi Bajakan, jika dibandingkan dari sisi kualitas jelas saja lebih baik Buku Bekas tapi Original karna biasanya penjual buku tersebut masih sangat merawatnya, jadi masih terlihat seperti baru. Sedangkan Buku Baru tapi Bajakan, kualitasnya begitu rendah.

Menyamarkan Nama / Sebutan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan