Kesehatan

Kodim Demak Buatkan Jamban bagi Warga Miskin yang Belum Miliki Jamban

11 Juni 2018   11:26 Diperbarui: 11 Juni 2018   11:43 262 0 0
Kodim Demak Buatkan Jamban bagi Warga Miskin yang Belum Miliki Jamban
(Dok. Pribadi)

DEMAK -- Sebagai bagian dari Program Karya Bakti Tentara Nasional Indonesia (TNI), jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0716/Demak menggelar kegiatan bakti sosial berupa pembuatan jamban (WC) bagi masyarakat tidak mampu.

Sampai saat ini, program pembuatan jamban ini sudah dilakukan di beberapa kecamatan di Demak , jateng, di antara Kecamatan Karangtengah, Wonosalam, Bonang dan Guntur. Pembangunan jamban ini akan menjangkau seluruh kecamatan di Demak.

Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol Inf Abi Kusnianto menyampaikan, kegiatan ini dikhususkan untuk masyarakat miskin yang belum memiliki jamban.

"Tujuan Program Karya Bakti TNI ini, terutama pembuatan jamban adalah untuk membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekaligus memotivasi masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungan," ungkap Dandim Letkol Inf abi Kusnianto saat di temui di ruang kerjanya, Rabu (30/5/2018).

Kegiatan pembangunan jamban bagi warga miskin ini merupakan bagian dari Program Karya Bakti TNI, dalam pelaksanaannya melibatkan partisipasi masyarakat dan pihak lainnya bagi ketersediaan bahan material pembangunan jamban.

"Sampai saat ini sudah puluhan jamban yang selesai dibangun di beberapa kecamatan, dengan biaya pembangunannya sekira Rp 2,5 juta perunitnya," terang Dandim.

Disebutkan Dandim, tujuan pembangunan jamban bagi warga miskin ini merupakan upaya menciptakan sanitasi lingkungan yang baik dan sehat karena kesehatan masyarakat sangat dipengaruhi kebersihan lingkungan, termasuk jamban.

Karya Bakti TNI ini juga sebagai salah satu sarana untuk lebih mendekatkan diri dengan rakyat sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat akan tetap terjalin dengan baik yang diharapkan menjadi kekuatan untuk menjaga Keutuhan NKRI.

Di samping peninjauan pembuatan jamban, Dandim juga menyampaikan kepada warga yang telah di buatkan jamban agar merawat dan menjaga kebersihan karena kebersihan sebagian dari iman apalagi ini di bulan puasa.

Sesuai rencana, Kodim akan melaksanakan program pembuatan jamban sehat kepada masyarakat secara gratis.

Sementara itu, tangagapan dari salah satu warga penerima bantuan jamban sebut saja aminah  mengatakan, upaya yang dilaksanakan oleh anggota TNI terhadap pembangun jamban untuk Warganya ini sangat membantu. Karena, selama ini warganya masih ada yang belum memiliki jamban yang sehat. "Kami salut dengan anggota TNI yang telah peduli kepada masyarakat yang tidak mampu," ucapnya. (Pendim 0716/Demak)