Edukasi

Implementasi Black Box Testing pada Online Shop

16 Mei 2019   22:00 Diperbarui: 16 Mei 2019   22:05 4 0 0

Pada perkembangan teknologi di era ini sudah sangat maju, terutama di bidang pembuatan software atau perangkat lunak salah satu contohnya yaitu Online Shop. Toko online di Indonesia baru mulai populer di tahun 2006. Pada akhir tahun 2008 jumlah toko online di Indonesia meningkat puluhan hingga ratusan persen dari tahun sebelumnya. Faktor pendukungnya adalah makin banyaknya pengguna internet di Indonesia, yang tadinya hanya sekitar 2.000.000 orang pada tahun 2000 menjadi 25.000.000 pengguna pada tahun 2008 (internetworldstats.com, data hingga Juni 2008). Faktor kedua yang menyebabkan hal tersebut, karena semakin mudah dan murahnya koneksi internet di Indonesia, ketiga semakin banyak pendidikan dan pelatihan pembuatan toko online dengan harga sangat terjangkau.

Seperti sekarang perbelanjaan semakin mudah dan cepat melalui web/aplikasi online shop dan semua transaksi tersebut diproses oleh system yang diterapkan di web/aplikasi tersebut secara otomatis. Tetapi tidak semua sistem yang dibuat bisa berjalan seratus persen sesuai kinerjanya. Sebuah sistem pasti mempunyai kekurangnnya sendiri, salah satu contohnya bug foto tidak muncul.

Maka dari itu saya melakukan pengujian menggunakan BLACK BOX TESTING. BLACK BOX TESTING adalah pengujian yang dilakukan hanya mengamati hasil dari pembuatan suatu aplikasi/web melalui data uji dan memeriksa fungsional tersebut.

Kelebihan Black Box Testing

  • Dapat memilih subset test secara efektif dan efisien
  • Dapat menemukan bug atau eror

Kekurangan Black Box Testing

  • Tester tidak pernah tau apakah proyek tersebut benar-benar lulus uji

Pengujian Black Box Testing yaitu :

  • Melakukan pemesanan barang
  • Melakukan pembayaran

Hasil dari pengujian tersebut :

  • Terdapat bug gambar pada suatu produk yang dimana seharusnya gambar tersebut muncul
  • Terdapat bug stuck saat melakukan pembayaran yang seharusnya melakukan tahap selanjutnya.

Nama : Dimas Wahyu Winarto

Nim : 04216062

Prodi : Sistem Informasi

Fakultas : Ilmu Komputer

Universitas Narotama

Testing dan Implementasi