Mohon tunggu...
Dimas Ulinnuha Sadewa
Dimas Ulinnuha Sadewa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menggunakan Sosial Media dengan Bijak dan Sehat

3 Mei 2021   22:52 Diperbarui: 5 Mei 2021   14:10 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Media sosial adalah media daring yang digunakan untuk kebuutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan user lain, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet. Tujuan dari adanya media sosial sendiri adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas. Media sosial juga memudahkan untuk menyebarluaskan berita online secara praktis dan di lihat oleh warganet secara gratis dan bebas kapan dimana saja. Keunggulan yang dimiliki oleh berita online yaitu kecepatan berita yang diberikan kepada pembacanya. Berita-berita yang dimuat pada situs berita selalu up to date sehingga informasinya tidak pernah ketinggalan. selain itu, penawaran 3 yang diberikan oleh berita online adalah pembacanya dapat mengakses informasi secara gratis dan bebas kapan saja dimana saja. Sifat berita online yang menjangkau informasi nasional maupun internasional secara cepat menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca online. Namun, ada kalanya kecepatan informasi yang diberikan oleh berita online justru mengesampingkan detail dan juga akurasi berita, karena tujuannya adalah memberikan informasi terkini sebanyak-banyaknya kepada pembaca. Hal yang menjadi kendala atas penggunaan berita online lainnya adalah tidak semua kalangan yang dapat mengakses internet. Berita online hanya dapat diakses oleh masyarakat yang memiliki alat teknologi yang mendukung adanya jaringan internet untuk mengakses berita secara online. Dengan kata lain, internet masih digunakan oleh sebagian kalangan saja berdasarkan tingkat ekonomi dan kondisi sosial, misalnya bagi kalangan mahasiswa. Meskipun seperti yang diketahui bahwa banyak kalangan muda yang mengabaikan penggunaan surat kabar dan justru memilih berita online sebagai media pemenuhan kebutuhan informasinya.

Media sosial semakin berkembang, cara lama yang tidak relevan dengan perkembangan zaman akan tertinggal. Semakin hari semakin banyak warganet yang menjual tips branding dan cara jualan yang efektif. Tujuannya untuk mendapatkan banyak kostumer dan kepercayaan. Karena zaman sekarang menggunakan teknik asa kebermanfatan. Berbeda dengan zaman sebelumnya, yang menggunakan cara organik. menjual barang melalui grup atau forum di media sosial, hingga tumbuhnya marketplace yang makin terjamin keamanannya. Mulai dari sering unggah gambar display produk dan keterangan harga, sampai mengajak banyak orang untuk ikut promosikan produknya. Potensi perkembangan bisnis makin tajam, dengan munculnya macam-macam media sosial. Media sosial akan terus berinovasi berbanding lurus dengan warganet. Masyarakat hrus selektif dalam memilih pertemanan dalam dunia maya dan melakukan transakasi bisnis yang aman pada aplikasi dengan pihak ketiga. Selain itu, media soial memiliki banyak dampak positif yaitu masyarakat makin melek informasi dan kemudahan dalam betransaksi. Namun dimana ada dampak positif disitu pula adanya dampak negatif trsebut, yaitu selalu terjadinya penipuan ketika kita sedang berbelanja online, maka dari itu harus berhati- hati ketika berbelanja di online shop. kemudian sering juga terjadinya barang produk tidak sesuai ekspekstasi dengan apa yang kita pesan.

Di zaman yang semakin canggihnya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang  saat sekarang, segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara-cara yang praktis. Seperti contohnya seorang mahasiswa UAD bernama Dimas Ulinnuha Sadewa memesan berang melalui platform Shopee dengan metode pembayaran COD, hal ini sangat mudah dan praktis hanya dengan melalui layar smarthphone kita bisa menerima barang dari jauh. Teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan manusia. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih. Salah satunya dalam bidang teknologi komunikasi seperti adanya smartphone dan internet, membuat manusia semakin meningkatkan cara komunikasinya. Berbagai macam media untuk berkomunikasi pun hadir untuk memudahkan manusia berinteraksi. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, hal inilah yang melahirkan media sosial. Media sosial merupakan media online (daring), yaitu media yang hanya ada dengan menggunakan internet dimana para penggunanya bisa menuangkan ide, mengekspresikan diri, dan menggunakan sesuai dengan kebutuhannya. Kehadiran media sosial memberikan kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Media sosial saat ini berkembang sebagai sarana berinteraksi berbagai kalangan di seluruh dunia. Perkembangan ini kemudian tentu saja langsung dimanfaatkan sebagai media promosi yang dinilai efektif.

Media sosial adalah perkembangan dalam penyebaran informasi. Dahulu teknologi media dapat menyampaikan pesan ke jutaan orang dengan efisien, seperti melalui televisi atau surat kabar. Kelemahannya, dalam menyampaikan pesan kepada jutaan orang, diperlukan biaya yang besar pula dan belum tentu terarah pada target yang diinginkan. Para pengguna media juga menjadi pihak yang pasif dengan hanya menerima semua informasi yang diberikan tanpa dapat memilih. Namun di era sekarang, penyampaian pesan menjadi lebih berkembang. Kemudahan dalam mengakses internet membuat informasi dapat tersebar dengan luas dan cepat ke jutaan pengguna internet. Dalam menyebarkan pesan juga tidak perlu menggunakan biaya yang mahal. Kemudahan ini ditambah pula dengan keunggulan internet yang dapat memberikan beragam informasi ke tiap-tiap penggunanya secara khusus. Para pengguna pun dapat dengan aktif hanya mengakses informasi yang mereka inginkan. Inilah kelebihan internet dibandingkan media promosi lainnya. Keunggulan internet ini kemudian dapat dimaksimalkan kembali dengan penggunaan media sosial yang interaktif karena dengan penggunaannya yang interaktif inilah maka promosi dapat menjadi lebih efektif lagi.

Media Baru juga sangat membantu kita berbisnis online secara mudah, hanya sekedar mengupload brand apa yang mau kita jual di sosial media tersebut. Sosial media jauh lebih kompleks, bila ingin dimaksimalkan manfaatnya untuk mendukung kegiatan marketing dari brand/bisnis yang dimiliki. Saat ini terdapat berbagai macammedia sosial untuk bisnis. Beberapa contoh media sosial untuk bisnis diantaranya facebook, youtube, instagram, blog, twitter, snapchat, line, dan pinterest. mungkin beberapa dari anda sudah memanfaatkan media sosial untuk bisnis yang sedang anda geluti. Kehadiran media sosial ini penting untuk meningkatkan pengunjung ke website bisnis online dan media sosial berfungsi sebagai marketing channel atau kanal marketing. Sederhananya, media sosial adalah jembatan yang mengarahkan orang-orang untuk mengunjungi website tokoonline yang anda jalankan. menggunakan media sosial untuk berbisnis adalah hal yang wajib dilakukan bagi pemilik bisnis online untuk memanfaatkan media sosial sebagai kanal marketing. Mengingat masyarakat indonesia memang merupakan masyarakat yang aktif di jejaring sosial. Menurut data yang dirilis We Are Social, penggunanya di indonesia mencapai 130 juta orang dan waktu yang dihabiskan di jejaring sosial per harinya adalah 3 jam 23 menit. Tentunya anda tidak mau melewatkan kesempatan besar untuk mendapatkan konsumen melalui jejaring sosial yang potensial.

Dengan begitu besarnya potensi memasarkan bisnis online melalui jejaring sosial, anda tidak dapat serta merta terjun begitu saja menggarap kanal marketing yang luas tersebut. Diperlukan strategi komunikasi yang matang agar pasar di jejaring sosial ini tergarap dengan efektif dan efisien. Untuk mengembangkan produk dan jasa, sebuah bisnis online membutuhkan feedback dari konsumen mengenai produk dan jasa yang mereka jual sebelumnya. Dan media sosial adalah kanal marketing yang berperan besa dalam mendapatkan pengalaman konsumen tersebut. pemasaran online menggunakan media sosial ini mempermudah pemilik bisnis online untuk mempelajari konsumen lebih cepat. Data pengalaman konsumen yang didapatkan melalui jejaring sosial dapat dimanfaatkan sebagai dasar untuk membuat keputusan lebih baik kedepannya. Dengan menguasai strategi pemasaran di jejaring sosial, anda dapat memperluas pasar bisnis online anda. Semakin banyak orang yang mengetahui produk anda melalui jejaring soial, kemuungkinan semakin banyak juga orang yang akan berbelanja di website anda. 

Demikianlah cara menggunakan media sosial dengan sehat yaitu dengan cara berbisnis online meraih kesuksesan, semoga anda yang sedang menekuni usaha berbisnis online sendiri agar semakin sukses dan dikenal oleh khalayak ramai, Aamiinnn. Website dan media sosial adalah dua hal yang selalu berhubungan dalam meningkatkan kesuksesan dalam berbisnis online. keduanya tidak dapat dipisahkan. Maksimalkan pemasaran di media sosial untuk meningkatkan konsumen di website bisnis online anda.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun