Mohon tunggu...
Dimas Satrio
Dimas Satrio Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Trisakti School of Management

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kepribadian dan Kepemimpinan

21 September 2021   14:09 Diperbarui: 21 September 2021   14:11 43 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kepribadian dan Kepemimpinan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berkaitan dengan kepribadian pasti dalam setiap pemimpin mempunyai kepribadian yang bisa memimpin orang oleh sebab itu pada hari ini kita akan membahas tentang kepribadian itu apa sih dan juga ciri apa saja yang harus di punyai oleh pemimpin mari kita simak untuk lebih lanjut nya.

Pengartian kepribadian: 

Pada awal awal kita mulai terlebih dahulu apa sih pengertian dari kepribadian. Jadi kepribadian adalah semua hal yang berkaitan dengan pola perilaku orang tersebut dan merupakan karakteristik yang di punyai oleh orang tersebut sehingga membedakan diri nya dengan orang lain nah di dalam kepribadian tersebut terdapat ciri ciri yang berkaitan dengan kepimimpinan apa saja sih ? mari kita simak. 

Ciri yang berkaitan dengan kepimimpinan : 

Ternyata menjadi seorang pemimpin mempunyai 5 ciri ini atau bisa di sebut dengan dimensi kepribadian 5 besar mari kita simak mulai dari ciri yang. 

1. Ekstroversi nah seorang pemimpin ini harus mempunyai ciri yang ektroversi kenapa begitu karena seorang pemimpin itu harus memimpin dan memberikan arahan kepada anak buah nya dan jarang sekali pemimpin itu terlihat diam dan tidak tegas dalam mengambil tujuan oleh sebab itu ciri yang pertama seorang pemimpin adalah harus mempunyai ciri ektroversi agar pengambilan keputusan nya tegas dan juga tidak malu malu dalam mengambil suatu keputusan tersebut dan mengoordinasikan tugas tugas yang harus di lakukan oleh karyawan nya. 

2. Agreeableness nahh ciri yang kedua terdapat Agreeableness nah apa sih itu agreeablenes jadi agreeablenes tersebut adalah menunjukan sikap ramah atau pun menerima karyawan atau bawahan nya dengan baik  sebagai pemimpin harus memiliki ciri ini di karenakan dengan sikap yang ramah, baik, kooperatif, pemaaf, penyanyang, pengertian dan juga percaya maka bawahan nya tersebut atau karyawan tersebut merasa di terima oleh pemimpin nya tersebut dan bisa membuat karyawan tersebut merasa senang ketika berada di perusahaan tersebut sehingga menciptakan rasa kepercayaan diri jikalu di berikan tugas tugas dan juga bisa membuat karyawan atau bawahan nya menjadi berkembang dan betah dalam perusahaan itu jikalau pemimpin nya memiliki ciri Agreeableness tersebut. 

3. Kesadaran nah ciri yang ketiga yang harus dimiliki oleh pemimpin yaitu kesadaran kesadaran di sini di maksudkan pemimpin itu memiliki sikap yang bertanggung jawab, dapat diandalkan, gigih dan berorientasi pada prestasi. jadi pemimpin harus memiliki sikap sikap tersebut jikalau mau di percaya oleh bawahan nya karena bukan lah pemimpin jikalau tidak bisa bertanggung jawab akan perkerjaan nya dan juga bisa  diandalkan. 

4. Stabilitas Emosi jikalau seorang pemimpin itu memiliki kendali atas emosi nya maka pemimpin itu memiliki pandangan yang positif dalam setiap perbuatan nya dan jikalau seorang pemimpin itu memiliki stabilitas emosi yang stabil maka seorg pemimpin tersebut mau di kritik dan mau berkembang lebih baik lagi untuk bawahan nya dan juga untuk perusahaan nya agar menjadi lebih baik lagi. 

5. Keterbukaan terhadap pengalaman ini merupakan ciri yang terakhir yang harus di punyai oleh pemimpin keterbukaan terhadap pengalaman maksud nya disini adalah seorang pemimpin tersebut memiliki minat yang luas dan imajinatif, kreatif, dan juga mempertimbangkan ide ide baru nah setiap perusahaan pasti dasar nya ingin memiliki terobosan terobosan baru oleh sebab itu sebagai seorang pemimpin anda harus memiliki kreatifitas dan juga imajinatif yang tinggi sehingga perusahaan anda dapat menemukan sebuah inovasi / ide ide yang baru. Sekain dan Terimakasih. 

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan