Mohon tunggu...
Dilsa Adha Anggunia
Dilsa Adha Anggunia Mohon Tunggu... Mahasiswa - S.S

suka belajar nulis

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Jangan Keliru, Copywriter dan Content Writer Gak Sama, Loh!

18 September 2023   21:46 Diperbarui: 24 September 2023   22:58 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: graycelltech.com

Banyak yang berpikir jika copywriter dan content writer adalah dua hal yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Secara singkat copywriter tulisan yang membujuk para pembacanya melakukan tindakan untuk suatu produk atau layanan, sedangkan content writer tulisan yang bertujuan untuk memberi informasi. Baik copywriter maupun content writer keduanya sama-sama memiliki peran penting dalam dunia bisnis. 

Pada pemasaran digital, keterampilan menulis merupakan salah keterampilan yang dibutuhkan, karena dapat membantu bisnis dalam strategi pemasaran digital. 

Ada banyak jenis tulisan yang sering digunakan dalam bisnis sebagai strategi usahanya, antara lain copywriting dan content writingMeskipun sama-sama bergerak dalam bidang kepenulisan, copywriter dan content writer memiliki fungsinya masing-masing.

Copywriting vs Content Writing

Untuk lebih detailnya, kita kupas lebih dulu pengertian Copy dan Content.

Copy merupakan suatu tulisan yang berguna untuk mengajak atau membujuk para pembacanya. Melalui copy pembaca diharapkan melakukan tindakan berupa mengunjungi tautan, mencari tahu, dan membeli produk. 

Content adalah tulisan yang bertujuan memberikan informasi dan ditujukan untuk membangun brand awarness. Melalui content yang berkualitas pembaca akan mendapat informasi-informasi yang dicari sehingga dapat meyakinkan para pembaca bahwa yang mereka dapatkan adalah informasi yang valid. 

 Pengertian: Copywriting vs Content Writing

Copywriting adalah tulisan yang fokus untuk pemasaran, biasanya terdapat ajakan kepada pembaca untuk melakukan suatu tindakan. Copywriting berisi informasi produk atau jasa yang berguna sebagai bentuk promosi kepada masyarakat. Jenis copywriting merupakan tulisan yang bersifat persuasif (mempengaruhi). 

Tujuan utama dari copywriting yaitu membujuk audiens untuk membeli, mengunjungi tautan, memasukan alamat email, hingga melakukan pendaftaran. Agar menarik perhatian pembaca penulisan copywriting sebaiknya menggunakan bahasa yang interaktif.

Content Writing adalah tulisan yang dibuat guna memberikan informasi kepada pembaca. Konten yang dibuat dapat berupa artikel, e-mail, dan sosial media. Informasi yang ditulis harus relevan. 

Untuk mengetahui topik apa yang dibutuhkan audiens, maka dilakukan research keyword sesuai dengan teknik SEO. Tujuan dari content writing yaitu untuk membangun brand awarness. Bentuk content writing diantaranya berupa artikel, newsletter, dan postingan sosial media. 

Tujuan: Copywriting vs Content Writing

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun