Mohon tunggu...
Dilla ShitiFebriyanti
Dilla ShitiFebriyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Keluh Kesah Guru PAUD dan Orang Tua Mengenai Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi

25 Juli 2021   13:27 Diperbarui: 25 Juli 2021   13:43 121 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Keluh Kesah Guru PAUD dan Orang Tua Mengenai Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di tengah Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di pulau Bali dan Jawa , masih terdapat kasus Covid-19 yang sangat melonjak naik , Hingga Data terakhir pada tanggal 24 - 07 - 2021, bahwa penyebaran Covid - 19 di Indonesia sendiri tercatat sekitar 3. 127. 826 yang positif Covid-19 , namun ada pula yang sembuh sekitar 2. 471. 678 jiwa, sedangkan data yang meninggal sekitar 82. 013. 

Dua tahun sudah Indonesia mengalami masa pandemi Covid-19 ini , banyak sekali peraturan dan kebijakan dari pemerintah dalam menangani kasus Covid-19 ini. Di mulai dari penutupan tempat - tempat wisata , mall, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. PPKM di lakukan pada tanggal 3 - 20 Juli 2021 dalam rangka mengatasi dan memutus tali penyebaran Covid-19. 

Banyak sekali pengaruh yang ditimbulkan oleh adanya pandemi Covid-19 ini , khususnya perekonomian masyarakat yang terganggu , dan tidak hanya perekonomian tetapi di dalam Bidang Pendidikan pun sangat banyak pegaruhnya. Sistem pembelajaran yang awalnya itu anak belajar secara Luring atau langsung dengan mendatangi sekolah tetapi berubah menjadi sistem PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Dengan adanya sistem pembelajaran jarak jauh ini banyak orang tua dan guru yang mengeluh, dimulai dari kurang tersedianya jaringan yang stabil , kemudian keterbatasan biaya dalam membeli kuota internet dsb. 

Saya merasa sangat sedih dengan adanya pandemi Covid-19 ini Pendidikan Anak Usia Dini pun yang seharusnya menjadi Pendidikan Awal yang sangat penting bagi anak , tetapi dengan keadaan seperti ini, tidak sedikit orang tua yang mengeluh bahkan tidak mau mendaftarkan anaknya untuk bersekolah PAUD dikarenakan keterbatasan biaya, khawatir akan kesehatan anak, serta orang tua hanya mau anaknya bersekolah PAUD yang menggunakan sistem pembelajaran Tatap muka saja. 

" Terkadang sedih , ketika murid baru yang daftar ke sekolah kami dengan perbandingan tahun - tahun yang lalu banyak sekali siswa baru yang sangat antusias untuk memulai harinya di Pendidikan Anak Usia Dini. Namun sekarang justru terbalik banyak murid yang mengundurkan diri dari sekolah kami dengan alasan tidak mau belajar secara online". (Ujar Kepala Sekolah KOBER WISANA, Cidadap Girang, Kec. Cidadap). 

Keluh kesah orang tua dan guru mengenai pembelajaran jarak jauh ini , mereka berharap agar pandemi Covid-19 ini bisa cepat berlalu dan masyarakat, bisa menjalankan kehidupan seperti sebelum adanya pandemi Covid-19 ini. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN