Mohon tunggu...
Dilla Oktaviana
Dilla Oktaviana Mohon Tunggu... Lainnya - Good little things

Holaa fren! Terimakasi sudah menyempatkan waktu untuk membaca hari ini. Semoga kalian suka dan bisa dapet hal-hal yang bermanfaat dari tulisan kecil ku.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tips Mendapatkan Motivasi dalam Bekerja

7 Oktober 2021   23:53 Diperbarui: 8 Oktober 2021   17:08 184 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

"Motivasi"

Dalam menjalani kehidupan kita sebagai manusia, kita memerlukan sebuah dorongan. Apabila manusia itu diibaratkan sebagai sebuah kendaraan, bahan bakar yang ada tidaklah cukup untuk menjalankan sebuah kendaraan, harus ada pengendara yang siap menginjak gas dan tentu memiliki tujuan kemana ia akan mengemudikan kendaraan tersebut.

Setelah itu baru kendaraan akan bergerak ke tujuan yang dimiliki oleh si pengendara. Seperti itulah kerja sebuah motivasi, motivasi merupakan dorongan untuk melakukan suatu tindakan, yang dapat menimbulkan semangat untuk mencapai tujuan.

Sama hal nya ketika kita melakukan sebuah pekerjaan, tentu kita sangat membutuhkan motivasi agar kita terus semangat dalam menjalani rutinitas pekerjaan sehari-hari yang terkadang membuat kita jenuh dan bosan. 

Menurut Abraham Maslow perilaku manusia sangat dipengaruhi oleh motivasi, adapun faktor pendorongnya adalah pemenuhan kebutuhan

Kebutuhan ini dibagi menjadi beberapa bagian atau tingkatan, mencakup kebutuhan fisiologis, kebutuhan keselamatan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri.

Pada dasarnya dalam menjalankan pekerjaannya manusia di dorong oleh faktor pemenuhan kebutuhan. Seperti teori kebutuhan yang dikemukakan oleh Abraham Masslow, kebutuhan manusia tidak selalu tentang kebutuhan finansial saja, akan tetapi juga ada kebutuhan  lain yang perlu dipenuhi. 

Hal ini juga berkaitan dengan kesejahteraan manusia, ketika kebutuhan finansial seorang karyawan sudah terpenuhi tetapi ia selalu dihantui oleh perasaan tidak nyaman, tidak memiliki lingkungan kerja yang baik, kesejahteraan finansial mungkin sudah dicapai tetapi tidak untuk hal lainnya, setiap individu membutuhkan jaminan keamanan, keselamatan, penghargaan dan lain-lain dalam melakukan pekerjaannya. 

Apabila sebuah perusahaan dapat memenuhi apa yang menjadi kebutuhan karyawan dan dapat mensejahterakan sesuai dengan porsinya masing-masing, maka karyawan akan lebih semangat dalam bekerja.

Lalu apa hubungan motivasi dengan semangat kerja? 

Jadi untuk mendapatkan semangat kerja, tentunya setiap individu memerlukan adanya motivasi dan setiap motivasi itu muncul ketika kita memiliki tujuan karena kita membutuhkan faktor pendorong untuk mencapai tujuan tersebut. Seorang individu yang tidak memiliki tujuan yang jelas akan sulit untuk termotivasi sehingga semangat dalam bekerja pun akan sukar di dapat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan