Mohon tunggu...
Dilla Hardina
Dilla Hardina Mohon Tunggu... Human

Kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang pantas mendapatkan keajaibanmu🌻

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Ciri-ciri Tulisan Kreatif dan Cara Membuatnya

20 November 2020   04:17 Diperbarui: 20 November 2020   04:33 119 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ciri-ciri Tulisan Kreatif dan Cara Membuatnya
wallpapercave.com

Saat ini, menulis sudah menjadi kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Pasalnya, banyak orang yang telah menyadari akan pentingnya kegiatan menulis bagi kehidupan. Ada banyak hal yang bisa ditulis, entah itu pengalaman hidup, cerita rekaan, tugas, catatan, dan lain sebagainya.

Tidak jarang pula, menulis dijadikan sebagai kegiatan kreatif yang disajikan bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk dibaca orang lain. Agar tulisan terkesan menarik ketika dibaca orang lain, tentu tulisan tersebut harus memuat unsur-unsur kreatif yang dapat ditangkap maksud dan tujuannya oleh pembaca. Tulisan kreatif juga dapat memberikan kesan tersendiri bagi pembaca yang menyukainya.

Ciri-ciri tulisan yang kreatif

Lantas, apa saja ciri-ciri tulisan yang kreatif dan bagaimana cara membuatnya? Tanpa basa-basi, simak ulasannya di bawah ini:

Gaya penulisan yang santai

Umumnya, tulisan yang kreatif cenderung menghadirkan gaya penulisan yang santai, dalam artian tidak terkesan kaku atau dogmatif.  Meskipun demikian, bukan berarti tulisan kreatif mengabaikan aturan PUEBI. Hanya saja, tulisan kreatif terkesan lebih bebas dan menghadirkan gaya tulisan yang semi-formal. Sehingga, pesan yang ada di dalam tulisan tersebut dapat tetap tersampaikan oleh pembaca.

Kalau memang diperlukan, boleh saja diselipkan kata-kata asing. Misalnya kata dalam bahasa daerah atau bahasa luar negeri. Hal ini juga bermanfaat untuk memberikan warna pada tulisan agar tidak terkesan kaku ketika dibaca.

Tidak terpaku pada mekanisme

Tulisan yang kreatif tidak akan seratus persen berpedoman pada mekanisme yang sudah mendarah daging di dunia kepenulisan. Terkadang, penulis yag kreatif dapat menciptakan kalimat yang unik dan jarang ditemukan di tulisan milik penulis manapun. Akan tetapi, kalimat tersebut tetap dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca.

Jadi, pada dasarnya esensinya adalah tulisan tersebut diciptakan untuk dimengerti oleh pembaca. Tulisan yang kreatif bukanlah yang berisi "kalimat-kalimat langit" yang belum tentu semua orang dapat memahaminya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x