Mohon tunggu...
Dilla Hardina
Dilla Hardina Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang pantas mendapatkan keajaibanmu🌻

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

5 Manfaat Menonton Anime Shingeki no Kyojin yang Perlu Kamu Tahu

14 Agustus 2020   23:50 Diperbarui: 7 April 2021   09:25 5104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
anime attack on titan final season. (sumber: kompas.com)

Saya mau sedikit berbagi tentang kesan saya setelah menonton anime dan membaca manga dari Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin (SNK). Sebenarnya, saya mengenal SnK pertama kali bukan dari anime maupun manga, tetapi dari live action (LA) animenya. Waktu itu saya diajak nonton teman SMA saya yang seorang otaku sekaligus kpopers, tapi saya hanya menontonnya sekilas dan merasa kurang tertarik dengan ceritanya. Apalagi banyak raksasa yang menyeramkan. Jadi, saya mengurungkan niat untuk menontonnya.

Saya mulai tertarik dengan cerita SnK ketika saya sudah mulai menjadi otaku (dulu). Waktu itu saya iseng-iseng buka ig olshop yang menjual berbagai merchandise anime, hingga saya menemukan merchandise SnK dengan lambang sayap banyak sekali dijual serta diorder. Dari situ saya berpikir pasti SnK pasti banyak penggemarnya. Dan kalau banyak penggemarnya, otomatis ceritanya pasti bagus.

Saya pun mendownload anime SnK S1 dan SnK S2. Setelah menontonnya, saya pikir anime ini bagus sekali karena bukan hanya menyajikan hiburan, tetapi banyak sekali nilai moral yang bisa diambil dari cerita ini. Tidak berselang lama, SnK S3 pun on going, dan saya selalu tidak sabar menanti rilisnya cerita setiap minggu. Hingga di S3 part 2 pun saya tetap mengikutinya.

Selain karena jalan ceritanya yang bagus, saya juga menyukai tokoh-tokohnya. Favorit saya adalah Mikasa yang kuat dan jenius dalam segala hal, Armin yang ahli strategi, Hange yang pandai dan kuat dalam bertarung, Levi yang pandai bertarung dan ganteng, juga Sasha yang pandai bertarung, suka menolong orang lain dan tentu saja lucu.

Menurut saya, SnK S3 sangat membuat penasaran. Jujur, selama saya menonton anime, atau bahkan drama yang on going saya tidak pernah merasa sepenasaran ini. Hingga saya begabung di grup fb Shingeki no Kyojin Indonesia, banyak sekali spoiler-spoiler dari manga reader yang meng-upload cuplikan manga ke grub. Bahkan bisa dikatakan cuplikan cerita tersebut masih jauh dari cerita di anime. Jadi, saya memutuskan untuk membaca manga chapter 90-an, yakni lanjutan dari SnK part 3.

Jujur, sebenarnya saya bukan manga reader, tetapi karena diliputi rasa penasaran yang teramat dalam, saya pun membaca manganya bahkan sampai chapter yang terakhir rilis.
Bagi saya, SnK banyak memberikan manfaat pada setiap manga reader maupun anime watcher yang telah menikmati jalan ceritanya. beberapa manfaat tersebut yakni sebagai berikut:

1. SnK mengajarkan tentang persahabatan

Di season 1, bahkan sampai season 3, kita tentu telah melihat bahwa para tokoh SnK sangat menjunjung tinggi rasa persahabatan. Apalagi Eren, Mikasa, dan Armin. Mereka benar-benar sudah seperti saudara. selain itu ada Jean, Shasa, Cony, dan para kadet 104 lainnya. Semua sudah seperti saudara sendiri.

2. Rasa saling percaya kepada rekan atau sahabat

Ketika Eren baru diketahui dapat berubah menjadi raksasa, banyak orang menganggap kalau eren adalah sebuah ancaman yang harus dimusnahkan. Bahkan pasukan polisi militer ingin agar Eren dihukum mati. Namun, Erwin Smith dan para pasukan pengintai lainnya menganggap bahwa Eren dapat menjadi peluang bagi umat manusia untuk memenangkan pertarungan melawan raksasa.

Karena waktu itu diketahui bahwa hanya Eren lah manusia yang mampu menjadi raksasa, sebelum semua misteri yang ada di dalam maupun luar tembok terpecahkan. Pasukan pengintai mempercayai bahwa Eren tidak akan menyakiti umat manusia, begitu juga pasukan pengintai ingin agar  Eren juga mempercayai mereka dan tidak berbuat semaunya sendiri. Mereka pun akhirnya saling percaya satu sama lain sebagai rekan dan teman.

3. Kegigihan dalam mencapai sesuatu

Eren dan kawan-kawannya tentu berjuang sekuat tenaga untuk berlatih melawan raksasa hingga mereka telah menjadi ahli seperti sekarang ini. Semua kemampuan itu di dapat dari kerja keras dan perasaan kuat ingin memenangkan pertarungan.

4. Pertarungan yang harus dimenangkan

Jika kau tidak bertarung, kau akan kalah. Jika kau kalah, kau akan mati. Tapi jika kau bertarung, kau akan hidup. Jika kau hidup, kau akan menang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun