Mohon tunggu...
Yasmin
Yasmin Mohon Tunggu... Dokter - dr. on hiatus

Membantu memecahkan dilema seputar pendidikan kedokteran

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

MBTI Dokter: Apa Kepribadian Kamu Cocok Menjadi Dokter?

23 Januari 2022   10:39 Diperbarui: 25 Januari 2022   01:48 1773 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi menjadi dokter. Sumber: Ipopba via Kompas.com

Apa kamu mengetahui mengenai MBTI? Singkatan dari Myers--Briggs Type Indicator, MBTI adalah kuesioner yang kita isi sendiri untuk mengetahui preferensi kita dalam melihat dunia dan mengambil keputusan. 

Beberapa tahun terakhir, MBTI itu sering disebut dimana-dimana. Walaupun penggunaan MBTI itu masih menjadi perbincangan kontroversial terutama di kalangan psikologis dan para ahli lain, untuk orang awam seperti saya dan mungkin kalian semua, asal tidak diambil terlalu serius, tidak ada salahnya kita melihat MBTI sebagai salah satu referensi untuk melakukan sesuatu, termasuk untuk melihat apa kamu cocok menjadi dokter atau tidak.

Di lingkungan para netizen milenial dan generasi Z, kebelakang ini MBTI sering digunakan sebagai alat identitas diri. Sebagai salah satu netizen tersebut ikut terseret lah saya dalam dunia MBTI. Saat mempelajari mengenai MBTI, timbulah rasa penasaran, MBTI apakah yang biasanya ditemui di dokter?

Secara pribadi saya merasa orang dengan ESFJ adalah tipe MBTI yang paling sesuai untuk menjadi dokter. Nah, apa maksud dari ESFJ kan ya? Dan bagaiamana faktanya? Biar kalian bisa lebih memahami isi dari artikel ini, sebelumnya mari kita bahas bagaimana meng-interpretasi hasil MBTI. Kalau kamu sudah jago tentang MBTI, bisa loncat langsung ke bagian yang membahas mengenai MBTI di dokter.

Artikel ini akan dibagikan menjadi 3 bagian:

  1. Penafsiran MBTI
  2. Opini mengenai MBTI yang cocok sebagai dokter
  3. Fakta dan statistik mengenai MBTI dokter

Penafsiran MBTI

Walaupun MBTI sering dikaitkan dengan tes kepribadian, lebih tepatnya MBTI adalah sebuah alat yang digunakan untuk melihat preferensi seseorang, atau kecenderungan untuk individu memutuskan pilihan dan menanggapi lingkungan sekitar. Tapi untuk memudahkan pembahasan, untuk kedepannya saya tetap menyebut MBTI sebagai tes kepribadian.

Di setiap tipe MBTI akan ada 4 karakter huruf yang mendeskripsikan aspek kepribadian yang berbeda. Di setiap 4 karakter itu akan ada 2 pilihan berbeda, yang kalau di gabungkan semuanya: 2x2x2x2 akan menghasilkan total 16 jenis tipe MBTI. Oke, 4 karakter itu apa saja sih?

1. I atau E

Huruf pertama adalah antara I untuk Introvert dan E untuk Ekstrovert. Dua karakter ini membedakan antara 2 dunia dimana kita berada, ada dunia didalam kita sendiri, atau dunia diluar kita. Waktu kita melakukan hubungan diluar diri kita akan disebut sebagai extraverting dan waktu kita berada dalam pikiran kita sendiri akan kita sebut sebagai introverting.

Dalam konteks kepribadian, yang menjadi pertimbangan adalah dunia mana yang lebih sering kita berada. Kalau seorang introvert akan lebih memilih untuk berada didalam dunia sendiri, dimana seorang extrovert akan memilih untuk berada di dunia luar.

2. S atau N

Huruf kedua adalah antara S untuk Sensing dan N untuk iNtuitionn. Sensing dan intuition adalah karakter yang mendeskripsikan cara kita mengumpulkan informasi. Kita semua memerlukan data yang mendasari pilihan keputusan kita. Sensing akan lebih cenderung mengambil data secara harfiah dan apa adanya. Intuition disisi lain akan berpikir berbagai kemungkinan abstrak yang dapat tercipta dari data yang dikumpulkan.  

3. F atau T

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan