Mohon tunggu...
Dilah Anggraini
Dilah Anggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Mercu Buana

43221010118 - Dosen Pengampu: Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak - Akuntansi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

TB 1 - Pentingnya Kepemimpinan, Disiplin, Dan Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa Beserta Perannya

25 September 2022   18:44 Diperbarui: 22 Oktober 2022   16:12 289 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar kepemimpinan, disiplin, dan manajemen waktu (Koleksi Pribadi)

Nama Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Nama : Dilah Anggraini

NIM : 43221010118

Kampus : Universitas Mercu Buana

Jiwa kepemimpinan, sikap disiplin, dan mampu memanajemen waktu sangat penting dimiliki oleh mahasiswa. Mahasiswa akan menjadi mahasiswa yang baik jika memiliki kemampuan kepemimpinan, disiplin, dan manajemen waktu tersebut. Kepemimpinan, disiplin, dan manajemen waktu sangat berguna untuk diterapkan pada masa perkuliahan. Tapi sebelum membahas lebih jauh mengenai kepemimpinan, disiplin, dan manajemen waktu. Sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu tentang kemampuan kepemimpinan, disiplin, dan mampu memanajemenkan waktu. Di artikel ini, akan dibahas apa yang dimasudkan dengan kepemimpinan, disiplin, dan manajemen waktu? Kenapa harus kepemimpinan, disiplin, dan manajemen waktu? Padahal masih ada banyak lagi sifat yang baik untuk dimiliki mahasiswa. Lalu akan dibahas juga tentang bagaimana penerapan kepemimpinan, disiplin, dan manajemen waktu? Semua akan dibahas ke dalam artikel ini.

Kepemimpinan adalah bagaimana seorang pemimpin mengarahkan, mendorong, dan mengelola semua elemen dalam kelompok atau tim untuk mencapai tujuan organisasi yang diinginkan dan dengan demikian memaksimalkan kinerja tim. Pemimpin berfungsi untuk memandu, menuntun, membimbing, membangun motivasi kerja, memajukan organisasi, menjalin komunikasi yang baik, memberikan pengawasan secara berkala, dan membimbing bawahan menuju tujuan yang ingin dicapai. Keberhasilan suatu organisasi, baik secara keseluruhan maupun kelompok dalam suatu organisasi tertentu, sangat bergantung pada efektifitas kepemimpinannya dalam menciptakan motivasi atau semangat kerja atas tugas dan tanggung jawab para pegawainya.

 Selain kepemimpinan, disiplin juga berpengaruh dalam suatu kelompok, organisasi, maupun individu. Disiplin harus diimbangi dengan jiwa kepemimpinan agar lebih mudah tercapainya sebuah tujuan. Disamping itu, memanajemen waktu dengan baik juga dibutuhkan untuk mencapai tujuan kelompok, organisasi, ada pribadi.  

Semua itu seharusnya kita terapkan dan tanamkan pada diri kita. Jiwa kepemimpinan, disiplin, dan manajemen waktu adalah kemampuan yang sangat mmebantu kita dalam melakukan kegiatan apapun. Misalnya saat kita kuliah dikampus, jiwa kepemimpinan kita akan menghasilkan sikap disiplin dan sikap disiplin itulah yang berpengaruh pada lingkungan kita. Ditambah lagi jika kita mampu memanajemen waktu dengan baik. Aktivitas dalam perkuliahan akan sangat mudah diatasi dengan baik. Dengan manajemen waktu menjadi lebih efisien akan membantu kita untuk menyelesaikan seluruh tugas yang ada, tanggung jawab dan kewajiban yang harus diselesaikan dengan sangat mudah dan terarah. Maka dari itu, kita sebagai mahasiswa diharapkan dapat memiliki jiwa kepemimpinan, sikap disiplin, dan mampu memanajemen waktu dengan baik supaya kita bertanggungjawab pada setiap kewajiban atau aktivitas yang harus dilaksanakan dan diselesaikan.

Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah sifat yang ada pada dalam diri seseorang untuk mempengaruhi atau mempimpin orang lain, bisa dari pikiran dan tindakan untuk mecapai tujuan. Kepemimpinan ini berasal dari dalam diri masing-masing setiap orang. Kepemimpinan juga dapat memepengaruhi pikiran dan tindakan kita sendiri. Jiwa kepemimpinan yang tinggi itu wajib untuk dimiliki oleh seorang mahasiswa. Jiwa kepemimpinan yang tinggi diperoleh dalam waktu yang lama, tidak bisa hanya dalam semalam. Semangat kepemimpinan harus terus dikembangkan. Semua manusia memang diberkahi dengan karunia kepemimpinan dan potensi dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita hanya perlu mengasah kemungkinan yang diberikan kepada kita dan menjadikannya berguna bagi orang lain, terutama diri kita sendiri. Partisipasi dalam kegiatan kerjasama tim merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang kuat. Dengan bekerja dalam kelompok, mahasiswa dapat belajar banyak tentang bagaimana memecahkan masalah dan mengembangkan ide-ide mereka. Kemudian kita dapat mempengaruhi orang lain untuk menerapkan ide-ide tersebut. Pemimpin masa depan akan datang dari pemuda hari ini. 

Seorang pemimpin belum tentu memiliki kepemimpinan yang hebat saat ini jika dia tidak menjalani pembelajaran yang panjang di masa lalu untuk menjadi seorang pemimpin yang hebat. Oleh karena itu jiwa kepemimpinan harus diasah sejak dini, dan kedepannya sebagai mahasiswa kita akan siap menggantikan peran pemimpin kita saat ini. Jika kita menunda untuk mengasah kepemimpinan (leadership), maka kita sebagai generasi muda akan tertinggal oleh orang-orang yang terus terusan mengasah minat, bakat, dan potensi yang mereka miliki. 

Pemimpin masa depan adalah mahasiswa. Mahasiswa harus mampu memimpin Indonesia ke arah yang lebih baik dari sekarang. Oleh karena itu, mulailah mengembangkan kepemimpinan sejak dini. Mengembangkan kepemimpinan yang sudah ada dalam diri kita tidaklah sulit. Mulailah dari diri kita sendiri dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Orang dengan semangat kepemimpinan yang kuat memiliki rasa tanggung jawab yang kuat dan besar. Dan rasa tanggung jawab itu adalah kunci keberhasilan kita sebagai pemimpin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan