Mohon tunggu...
Dila Meilinda
Dila Meilinda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa universitas negeri Malang

Kkn universitas negeri Malang di desa Sumberejo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN MBKM UM 2021-2022 Adakan Pelatihan Pengolahan Pisang

18 Januari 2022   05:25 Diperbarui: 18 Januari 2022   05:36 150 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN MBKM) merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi serta menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa. Program ini merupakan program yang baru dirumuskan oleh Mentri Pendidikan RI dan kini telah diselenggarakan di banyak perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya adalah di Universitas Negeri Malang yang melaksanakan KKN MBKM di desa-desa yang membutuhkan bimbingan seperti di daerah pedesaan di Kabupaten Malang.

Salah satu desa yang menjadi target dari KKN MBKM UM 2021-2022 adalah Desa Sumberejo Kecamatan Gedangan yang terletak di bagian selatan Malang. Mahasiswa KKN MBKM UM telah melaksanakan berbagai program kerja yang dapat mengembangkan potensi Desa Sumberejo sesuai dengan tujuan dari KKN MBKM. Salah satu dari sekian program kerja yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN MBKM UM adalah "Pelatihan Pengolahan Pisang dan Limbah Pisang" yang merupakan program kerja yang dilaksanakn di Balai Dusun Mulyosari. Dusun Mulyosari memiliki sumber daya alam pohon pisang yang sangat melimpah, sehingga mahasiswa KKN MBKM UM memiliki pandangan bahwa diperlukan adanya cara pengolahan agar nilai ekonominya dapat ditingkatkan, selain itu diperlukan pula suatu cara pemanfaatan limbah dari pohon pisang tersebut.

Pelatihan Pengolahan Pisang dan Limbah Pisang diawali dengan sambutan-sambutan dari Koordinator KKN MBKM UM 2021-2022 Desa Sumberejo kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dusun Mulyosari. Acara Pelatihan Pengolahan Pisang dan Limbah Pisang yang dilaksanakn Mahasiswa KKN MBKM UM ini menuai banyak antusiasme dari warga Dusun Mulyosari lantaran pengolahan pisang menjadi nugget dan juga pengolahan ares pisang yang lazimnya dianggap sebagai limbah dapat diolah menjadi keripik merupakan hal yang anti mainstream bagi masyarakat Dusun Mulyosari, "Enak banget ini mas, baru tau saya kalo pisang dan ares pisang bias diolah jadi seperti ini" ujar Kusairi yang merupakan Kepala Dusun Mulyosari usai mencicipi nugget pisang dan keripik ares pisang di balai dusun, Sabtu (27/11/2021).

dokpri
dokpri
 Dari pelatihan ini warga diajarkan bagaimana mengolah pisang menjadi nugget dan juga mengolah ares atau batang pohon pisang menjadi keripik, selain itu Mahasiswa KN MBKM UM 2021-2022 juga memaparkan nilai ekonomi atau harga jual yang ada di pasaran sehingga adanya pelatihan ini juga dapat menjadi ide bisnis bagi warga Dusun Mulyosari, "seru mas ini pelatihannya, nanti saya mau coba bikin di rumah sekalian saya coba jual di warung hehe" ujar kusmini warga Dusun Mulyosari usai pelatihan, Sabtu (27/11/2021).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan