Mohon tunggu...
Diki Putradamma
Diki Putradamma Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hobi futsal

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Siswa Kesulitan Belajar Matematika

4 Desember 2022   05:26 Diperbarui: 4 Desember 2022   05:59 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Namanya adalah Faula, Faula sekolah di SD negeri 2 sokong,Faula berkesulitan belajar matematika sering melakukan kekeliruan dalam belajar berhitung Kesulitan yang sering dialami oleh faula yaitu kesulitan saat mengerjakan tugas karena kurang mampu memahami maksud soal dan kebingungan saat menentukan operasi hitung yang akan dipakai.

Faula juga sering membolos saat pelajaran matematika karena Faula malu/ cendrung tidak pede karena tidak dapat menguasai pelajaran matematika tetapi temen Faula juga mensuport Faula untuk tetep konsisten belajar dan tetap masuk saat pelajaran matematika di ketahui Faula tidak mengerti pelajaran matematika di sebabkan karena Faula sering kali tidak memerhatikan guru saat menerangkan/ menjelaskan di depan.

Salah satu fakto kenapa Faula tidak bisa memahami pelajaran matematika di karenakan Faula tidak menyuki pelajaran itu makanya Faula selalu mebolos saat pelajaran matematika dan juga tidak memerhatikan saat guru matematika  menjelaskan.

Faktor lain yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berasal dari Faula meliputi IQ atau intelegensi, sikap Faula dalam belajar matematika, motivasi belajar Faula yang masih rendah, kesehatan tubuh yang tidak optimal, dan kemampuan pengindraan Faula yang kurang. 

Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar Faula antara lain kurangnya variasi mengajar guru, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal, sarana prasarana di sekolah, serta lingkungan keluarga.

Tapi waktu demi waktu Faula semakin giat untuk belajar matematika karena adanya suport dati orang tau dan teman-teman Faula, Faula juga tidak membolos dan memerhatikan guru yang sedang menjelaskan di depan guru juga mensuport Faula dan  Yakinkan Faula bahwa pelajaran Matematika bukan pelajaran sulit melainkan matematika itu mudah dan menyenangkan. 

Guru juga meberitahukan  pada Falua manfaat mempelajari Matematika untuk kehidupan nyata. Banyak kesempatan terbuka jika mereka memiliki kemampuan berhitung.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun