Mohon tunggu...
Rahmat sidiq suryakusuma
Rahmat sidiq suryakusuma Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar

pelajar

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Keganasan Covid-19

29 Juli 2021   08:38 Diperbarui: 29 Juli 2021   09:06 17 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keganasan Covid-19
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Keganasan Virus Covid 19

Covid 19, sudah tak asing lagi kita mendengar nama itu. Bagaimana tidak? virus yang menyerang seluruh umat manusia di bumi, Virus yang menjadi masalah utama bagi seluruh manusia di bumi, Virus yang merenggut banyak nyawa manusia di bumi. Ya inilah virus Covid 19 atau kita kenal dengan Bahasa lain yaitu Virus Corona.

Dikutip  dari Merdeka.com, Komisi Kesehatan nasional  China mengkonfirmasi  bahwa Virus Corona dapat ditularkan dari manusia ke manusia yang terinfeksi . bahkan virus itu bisa saja menempel di salah satu tempat dekat pasien Corona.oleh karena itu Virus ini dapat menular begitu cepat Ditambah lagi terdapat varian jenis baru dari Virus Covid 19 ini. Yaitu varian Alpha, Beta, dan Gama.

Maka dari itu virus ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia di bumi. Banyak manusia yang telah terpapar virus corona dan jutaan manusia pun banyak yang kehilangan nyawanya karena virus corona.  Berdasarkan data yang dilansir dari merdeka.com kasus positif covid 19 di Indonesia bertambah 49.071 menjadi 3.082.410 kasus. Paisen sembuh bertambah38.988 menjadi 2.431.911 orang. Pasien meninggal bertambah 1.566 menjadi 80.598 orang.

Dari data di atas kita mengetahui betapa ganasnya virus covid 19 ini dan betapa banyak nyawa yang terenggut oleh virus covid 19. Adapun ciri- ciri bagi yang terpapar virus Covid 19 antara lain:

Gejala yang paling umum :

  • Demam.
  • Batuk kering.
  • Kelelahan.

Gejala yang sedikit tidak umum :

  • Rasa tidak aman dan nyeri.
  • Nyeri tenggorokan.
  • Diare.
  • Konjungtivitis (Mata merah).
  • Sakit kepala.
  • Hilangnya indra perasa dan penciuman.
  • Ruam pada kulit atau perubahan warna pada jari tangan atau jari kaki.

Gejala serius :

  • Kesulitan bernafas atau sesak nafas .
  • Nyeri dada atau rasa tertekan pada dada.
  • Hilangnya kemampuan berbicara atau bergerak.

Pemerintah Indonesia pun menerapkan berbagai cara untuk menanggulangi kasus Covid 19 dilansir dari kompas.com juru bicara satuan tugas (satgas) penanganan Covid 19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah tengah melakukan beberapa upaya untuk mencegah lonjakan kasus Covid 19. Adapun upaya yang pertama yang dilakukan pemerintah, kata Wiku adalah, membuat pedoman rekayasa pelayanan Kesehatan jika terjadi lonjakan kasus dan menyesuaikan besaran kenaikan khusus.

 Kemudian yang kedua, melakukan kordinasi antar Satgas Penanganan Covid 19 mulai dari tingkat nasional sampe tingkat kelurahan atau desa untuk mendukung upaya perubahan prilaku disiplin protokol kesehatan. " Ini sampai ke titik mikro  dengan menggunakan sistem pelaporan perubahan prilaku untuk menghasilkan data yang realtime supaya dapat dilakukan tindakan dengan cepat," kata Wiku dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (6/1/2021). Sedangkan usaha yang terakhir adalah pembatasan mobilitas di dalam negri dan di luar negri untuk mencegah kasus impor (imported case ).

Ini menunjukan bahwasannya pemerintah sangatlah serius dalam menanggulangi Virus Covid 19. Tinggallah kita sebagai Warga negara yang baik untuk selalu menaati protokol kesehatan dan menaati peraturan yang di tetapkan oleh pemerintah supaya tidak tejadi penyebaran yang berkepanjangan. Kita harus sadar bahwasannya virus ini sangat berbahaya dan sangat mematikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x