Mohon tunggu...
Dika Harmansyah
Dika Harmansyah Mohon Tunggu... Pelajar

Menyukai Film dan Sastra

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

KKN IPB Ajarkan Budikdamber Sederhana kepada Masyarakat

12 Agustus 2020   19:43 Diperbarui: 31 Agustus 2020   18:34 82 0 0 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 tidak menghalangi sejumlah mahasiswa IPB University melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Melalui program Kuliah Kerja Nyata Tematik yang dilaksanakan di domisili mahasiswa, kelompok Banjarnegara01 membentuk beberapa kegiatan pengembangan masyarakat di Desa Linggasari, kecamatan Wanadadi, kabupaten Banjarnegara. Salah satu program kerja nya yaitu kegiatan sosialisasi dan praktik pembuatan sistem budidaya ikan dalam ember atau yang biasa dikenal dengan budikdamber. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya masyarakat yang melakukan aktivitas budidaya ikan akibat terbatasnya lahan untuk dijadikan kolam. Terlebih pada situasi pandemi Covid-19, ketahanan keluarga dari sisi pangan menjadi hal penting untuk ditingkatkan.

Kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) desa Linggasari, mahasiswa fakultas perikanan IPB University berbagi ilmu tentang teknik pembuatan sistem budikdamber yang baik dan benar. Penjelasan dimulai dari peralatan dan bahan yang digunakan, tata cara membuat sistem untuk budidaya, pengelolaan air, serta cara penebaran benih dan perawatan sistem budikdamber. Mahasiswa dan masyarakat juga berdiskusi mengenai permasalahan yang kemungkinan akan dihadapi terkait budidaya ikan dalam ember tersebut beserta solusinya. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di Aula Dusun Linggamerta pada Selasa, 11/08/20 pukul 9.00-11.00 WIB. Diikuti oleh 10 anggota KWT dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan sebelum kegiatan dimulai.

Sosialisasi budikdamber kepada masyarakat ini sangat diapresiasi oleh ketua penggerak PKK Desa Linggasari, ibu Kaminem. Beliau mengatakan acara ini sangat bagus bagi inisiasi kegiatan awal KWT yang sudah terbentuk namun belum bergerak secara efektif. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi melalui upaya cerdas dalam mengelola dan menggenjot potensi perikanan desa, tambahnya.

Masyarakat yang diwakili oleh KWT sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan tertarik untuk menerapkannya di rumah masing-masing. Tiga hari setelah pembuatan sistem sebagai contoh, beberapa masyarakat membuat sendiri sistem budikdamber tersebut dengan dibantu oleh mahasiswa KKNT IPB University kelompok banjarnegara01.

VIDEO PILIHAN