Mohon tunggu...
Alif Bak Tak
Alif Bak Tak Mohon Tunggu... www.winantoshare.wordpress.com

Belajar Untuk Masa Depan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Potensi Tsunami 20 meter di Selatan Jawa?

28 September 2020   13:36 Diperbarui: 28 September 2020   23:34 39 1 0 Mohon Tunggu...

Kabar yang ramai diperbincangkan di media sosial ini telah menjadi sorotan publik, apalagi ditambah adanya rasa panik masyarakat sekitar yang dekat dengan perairan laut maupun pantai di kepulauan Indonesia. Pandemi virus Covid-19 belum usai, saat ini ditambah lagi informasi terkait argumen beberapa peneliti tentang potensi adanya Tsunami setinggi 20 meter di selatan pulau Jawa. Na'uudzubillaahi minndzaalik. Semoga Allah melindungi kita semua. Aamiin.

Dimuat di dalam akun Instagram resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat pada tanggal (27/10/2020) dijelaskan bahwa:

BMKG mengapresiasi hasil riset para Ahli dari ITB tersebut, yang sebetulnya penelitian tersebut juga dilakukan bersama BMKG dengan menggunakan sebagian data dan analisis BMKG. Bapak Rahmat Triyono (Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG) menyampaikan apresiasi hasil riset tersebut. Sebetulnya bukan hal yang baru, karena beberapa tahun yang lalu beberapa penelitian yang serupa telah dilakukan oleh beberapa peneliti yang lain dan hasilnya kurang lebih sama, meskipun dengan metode dan pendekatan yang berbeda. Para peneliti menganalisis perihal adanya ancaman tersebut. Ancaman itu terjadi atau tidak, belum ada yang bisa memprediksi secara tepat kapan terjadinya. Namun adanya potensi itu memang betul. Selengkapnya klik di sini.

Pulau Indonesia berada di antara lempeng-lempeng bumi yang besar, sehingga khawatirnya jika ada pergesekan lempeng-lempeng tersebut ada goncangan dari perairan dangkal lempeng, yang dapat menimbulkan kenaikan air luber ke arah dataran di sekeliling perairan.

Dari hal demikian, kita tidak bisa lepas dari adanya kehendak Allah subhaanahu wata'aalaa. Kalau Allah tidak berkehendak, maka tidak akan terjadi. Allah-lah yang menciptakan alam semesta ini serta isi-isinya, termasuk lautan yang luasnya melebihi pulau-pulau di dunia. Suatu musibah dan bencana adalah ujian dan peringatan dari-Nya. Yang mana hal itu juga sebagai lantaran dari Allah untuk menguji hamba-hamba-Nya agar kiranya dapat mengambil hikmah di balik kejadian alam yang telah terjadi sebelumnya maupun yang akan datang. Allaahumma, semoga kita dilindungi Allah dari hal demikian dan dituntun Allah menuju ke jalan keselamatan. Aamiin.

VIDEO PILIHAN