Banyak orang yang telah menggunakan sosial media namun belum dapat merasakan efek untuk peningkatan bisnisnya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Kebanyakan orang yang menggunakan sosial media untuk bisnisnya hanya melakukan hal monoton seperti
- hanya rutin melakukan post untuk mendapatkan interaksi (malah kebanyakan posting secara asal)
- auto post ke semua akun sosmed secara serentak
- tidak memiliki target pasar yang jelas
- dan lain halnya yang anda tahu jika itu sebenarnya hanya membuang buang waktu karena efeknya mungkin tidak ada sama sekali.
Data pengguna internet
Menurut data dari We Are Social data pengguna sosial media di Indonesia mencapai 106 juta orang dengan penetrasi sebesar 40%. Sangat menggiurkan bukan jika akun sosmed anda sering dilihat setidaknya 1% saja yaitu kurang lebih 1 juta orang maka paling kecilnya kita ambil 1% nya lagi yaitu calon pelanggan sebanyak seribu orang! Tentu ini sangat menguntungkan jika anda tahu apa yang harus dilakukan pada sektor sosial media, untuk sektor lainnya kami akan memberikan caranya di kesempatan mendatang.
Nah pada kesempatan kali ini digitalmarketer.co.id akan membagikan beberapa cara untuk manajemen sosial media untuk bisnis apapun yang anda punya yang telah kami rangkum.
1. Pilih sosial media yang tepat
Tahap ini berguna untuk efesiensi waktu anda, kita ambil contoh, jika bisnis anda bersifat B2B maka jangan gunakan instagram, gunakan Linkedin yang bersifat sosial media profesional.
Mudahnya sebagai berikut.
Bagi anda yang tidak ingin repot, semua kalangan berada pada sosial media ini, tinggal bagaimana anda mendapatkan user yang sesuai untuk menjadi followers anda. Akun sosial yang wajib digunakan pada internet marketer karena merupakan sosial media dengan user terbanyak di dunia.
Gunakan Sosial media ini jika bisnis anda dalam pemasarannya sangat membutuhkan media foto dan video. Hampir semua usernya adalah anak muda. Tingkat interaksi pada sosial media ini juga terbilang besar.