Malang- Banjarrejo merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Dikenal sebagai desa sejuta sayur, potensi sayur yang tinggi menjadi ciri khas desa Banjarrejo. Komoditas utama dari Desa Banjarrejo berupa sayur-sayuran seperti bayam, kangkung, wortel, seledri dan lain sebagainya. Dengan potensi sayur yang melimpah di Desa Banjarrejo, banyak masyarakat yang merintis usaha rumahan dengan mengolah potensi sayuran menjadi produk aneka camilan sehat.
Usaha rumahan yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Banjarrejo tergabung dalam kelompok usaha bersama (KUBE) dengan merek “SRIING”. Produk home industry dari KUBE di Desa Banjarrejo terdiri dari aneka jenis camilan seperti keripik talas, stick sayuran.
Dalam sekali produksi, biasanya warga membutuhkan sekitar 10-20 kg sayur. Sejauh ini warga memasarkan produk olahan ini dengan cara menitipkan di penjual sayur, cafe, warung-warung, dan pasar tradisional yang berada di Kecamatan Pakis, sehingga dapat dikatakan bahwa pemasaran produk olahan ini masih sangat terbatas. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan pengetahuan para kelompok usaha KUBE mengenai strategi pemasaran dan promosi usaha mereka.
Potensi sumber daya yang terdapat di Desa Banjarrejo lebih banyak dieksplorasi oleh kelompok usaha bersama KUBE yang anggotanya merupakan ibu-ibu rumah tangga masyarakat di Desa Banjarrejo. Kelompok masyarakat yang tergabung dalam KUBE Desa Banjarrejo sendiri memiliki satu visi dan misi yaitu berkumpul bersama membuat suatu produk dengan kearifan lokal serta inovasi berbagai camilan sehat. Sejalan dengan hal ini dibutuhkan proses pendampingan dalam rangka pengembangan KUBE agar lebih maju sesuai dengan konteks zaman saat ini.
21 April 2021, bertempat di Jalan Brawijaya Desa Banjarrejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan sosialisasi pemanfaatan media sosial, sebagai media promosi dan pemberdayaan potensi Desa Banjarrejo melalui pemasaran produk camilan sehat yang dikelola oleh KUBE. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pemberdayaan potensi usaha home industry oleh Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Desa Banjarrejo, serta untuk meningkatkan kualitas dan nilai jual dari produk-produk potensi Desa Banjarrejo sehingga dapat lebih dikenal secara global.
Selain membuat akun dan konten media sosial, mahasiswa KKN UM Desa Banjarrejo juga memberikan konsep branding produk aneka camilan sehat oleh KUBE. Hal ini mendapat tanggapan positif dari Ibu Intan selaku pembina KUBE "Wah iya mas, bagus itu minta bantuannya buat teman-teman disini, siapa tau sebenernya produk kita ini sudah masuk tokoh oleh-oleh tapi kita gatau brandnya apa. Karena kadang orang belinya los-losan terus di kemas dan di kasih merk sendiri" tuturnya.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan produksi camilan KUBE seperti stick talas dan kripik sayur semakin meningkat dan mampu menunjang perekonomian anggota KUBE. Kegiatan sosialisasi pemanfaatan media sosial sebagai media promosi potensi Desa Banjarrejo oleh mahasiswa KKN UM dilakukan juga sebagai upaya untuk meningkatkan aset dan kemampuan kelompok, memperluas akses untuk berpartisipasi, bernegoisasi, mempengaruhi, dan mengendalikan akuntabilitas lembaga KUBE yang mempengaruhi kehidupan mereka kedepan.