Mohon tunggu...
Didno
Didno Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Youtuber

Guru yang suka ngeblog, jejaring sosial, nonton bola, jalan-jalan, hobi dengan gadget dan teknologi. Info lengkap didno76@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Contoh RPP dengan Langkah-langkah Problem-based Learning

13 November 2016   07:52 Diperbarui: 4 April 2017   16:50 18700
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
RPP Problem Based Learning

Kurikulum 2013 memiliki beberapa langkah-langkah pembelajaran diantaranya dengan menggunakan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik, Problem-based Learning, Project-based Learning, Inquiry Learning, dan Dicovery Learning. Perbedaannya terletak pada langkah-langkah saat pembelajaran di kelas. Guru dituntut untuk bisa mengelola kelasnya agar materi yang akan disampaikan bisa diterima oleh peserta didik. 

Berikut ini contoh RPP dengan langkah-langkah Problem-based Learning : 

Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan

Guru mengucap salam, mengecek kehadiran siswa dan mengkondisikan suasana belajar
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan cara mengajukan pertanyaan.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
Guru Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan (waktu 5 menit)
Kegiatan Inti

Kegiatan Inti

Orientasi peserta didik kepada masalah
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati gambar-gambar tentang bentuk-bentuk interaksi yang ada di buku (Waktu 10 menit)
Mengorganisasikan Peserta didik
Membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok kerja secara variatif.
Membimbing peserta didik untuk memecahkan masalah  cara mengatasi tawuran pelajar (Waktu 5 menit) 

Membimbing penyelidikan
Guru membimbing siswa mencari data atau  referensi lain yang relevan dengan materi keterkaitan kasus-kasus  (Waktu 35 menit)
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Siswa menyajikan hasil penyelidikannya mengenai pemecahan masalah terhadap kasus tawuran pelajar Waktu 10 menit
Menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaianmasalah
Guru  melakukan analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah tawuran pelajar (Waktu 10 menit)

Penutup
Guru Memfaslitasi peserta didik untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran
Guru beserta peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara tes tertulis
Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu lembaga sosial (Waktu 5 Menit) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun