Didno
Didno Guru

Guru yang suka ngeblog, jejaring sosial, bola, jalan-jalan, hobi dengan gadget dan teknologi. Info lengkap didno76@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Cerita Ramlan

7 Hal yang Harus Dilakukan di Hari Raya Idul Fitri

14 Juni 2018   10:20 Diperbarui: 14 Juni 2018   10:42 907 0 0
7 Hal yang Harus Dilakukan di Hari Raya Idul Fitri
Shalat Idul Fitri (Gambar Kompas.com)


Hari ini Kamis 14 Juni 2018 kemungkinan hari terakhir umat Islam di Indonesia berpuasa di tahun 1439 Hijriah atau 2018 Masehi, sambil menunggu keputusan Kementerian Agama Republik Indonesia melalui sidang Isbat dengan berbagai institusi.  

Ada rasa sedih karena akan meninggalkan bulan yang penuh ampunan, ada juga rasa gembira karena bisa melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh walaupun banyak halangan dan rintangan yang dialami selama bulan puasa tersebut. 

Besok kemungkinan adalah Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Sebagai muslim tentu ada beberapa hal yang harus dilakukan di Hari Raya Idul Fitri tersebut dari mulai bangun pagi hingga menjelang shalat Ied di lapangan atau masjid. 

Berikut 7 hal yang harus dilakukan di Hari Raya Idul Fitri

  1. Dianjurkan Mandi Sebelum Shalat Ied. Sebelum berangkat shalat Ied disunahkan mandi terlebih dahulu, selain untuk kesehatan juga agar tidak bau berdekatan dengan saudara kita yang melaksanakan shalat Ied.
  2. Memakai Pakaian Bersih dan Berhias. Setelah mandi dianjurkan menggunakan pakaian yang bersih. Bersih bukan berarti harus baru tetapi sudah tradisi kita di Indonesia, setiap lebaran biasanya menggunakan baju baru. Selain menggunakan pakaian yang bersih, kita juga dianjurkan berhias sebelum berangkat ke lapangan atau masjid.
  3. Disunahkan Makan Sebelum Shalat Ied. Sebelum berangkat ke lapangan atau masjid untuk melaksanakan shalat Iedul Fitri, kita disunahkan makan atau minum terlebih dahulu untuk membedakan kita tidak lagi berpuasa, berbeda dengan shalat Iedul Adha kita justru disunahkan tidak makan dan minum terlebih dahulu sebelum shalat Iedul Adha. 
  4. Bersegera melaksanakan Shalat Ied. Bersegera atau cepat berangkat menuju masjid atau lapangan untuk menunaikan shalat Ied sangat dianjurkan selain bisa mencari tempat yang paling depan juga bisa mengumandangkan takbir lebih banyak.   
  5. Mengumandangkan Takbir. Membaca takbir saat menuju masjid atau lapangan untuk melaksanakan shalat Iedul Fitri atau Iedul Adha merupakan sunah, selain saat perjalanan menuju masjid atau lapangan, kita juga disunahkan mengumandangkan takbir setelah berada di masjid atau lapangan sebelum khotib membacakan khotbahnya. 
  6. Disyariatkan wanita dan anak kecil ikut ke masjid atau lapangan. Di Hari Raya Idul Fitri, wanita dan anak-anak disyariatkan ikut melaksanakan shalat Ied di tempat tersebut, kecuali wanita yang sedang haid atau nifas.
  7. Mencari jalan berbeda ketika pulang ke rumah. Saat berangkat dan pulang disunahkan menggunakan jalan yang berbeda. Maksudnya tentu kita bisa bertemu dengan banyak orang dan bisa bersilaturahmi dan bermaaf-maafan. 

Itulah aktivitas yang harus dilakukan pada saat Hari Raya Idul Fitri. Semoga bermanfaat bagi kita semua.