Mohon tunggu...
Didno
Didno Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Youtuber

Guru yang suka ngeblog, jejaring sosial, nonton bola, jalan-jalan, hobi dengan gadget dan teknologi. Info lengkap didno76@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Cara Mengembalikan Kartu Ponta yang Hilang

22 September 2016   19:28 Diperbarui: 4 April 2017   18:11 4602
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kartu Ponta yang hilang (Foto Pribadi)

Selain pasar tradisional, saya juga sering berkunjung ke mini market untuk membeli berbagai keperluan dapur dan pribadi. Dengan banyaknya layanan yang bisa dilakukan di mini market, semakin sering saya berkunjung ke mini market dari mulai membayar tagihan listrik, sepeda motor, memesan tiket kereta api dan lain sebagainya.

Salah satu mini market yang lokasinya di dekat dengan rumah adalah Alfamart. Mini market ini dianggap paling banyak merekrut karyawan yang lokasinya dari tempat tinggal saya. Bahkan hampir setengahnya alumni murid saya sehingga mereka langsung menyapa dengan menyebut nama saya.

Karena sering berkunjung ke mini market tersebut, saya ditawari untuk menjadi anggota Alfamart dengan membuat kartu Alfamart. Seiring berjalannya waktu kartu Alfamart diganti dengan kartu Ponta yang memiliki kelebihan dibandingkan kartu Ponta.

Dengan kartu ponta tersebut saya bisa mendapatkan banyak poin  yang bisa digunakan untuk membeli barang-barang yang ada di mini market tersebut sesuai dengan saldonya. Bahkan pernah suatu waktu saya lupa membawa uang tetapi kartu Pontanya dibawa karena saldonya lumayan banyak akhirnya saya membeli beberapa barang hanya menggunakan poin Ponta.

Kini mini market Alfamart memiliki aplikasi yang bernama Alfa Gift. Dengan aplikasi ini kita akan mendapatkan coin. Coin tersebut didapat dengan cara memasukkan nomor transaksi dan kode yang ada pada struk pembelian di Alfamart.

Aplikasi Alfa Gift (Screen shoot dari smartphone)
Aplikasi Alfa Gift (Screen shoot dari smartphone)
Semakin sering kita belanja maka semakin banyak coin yang didapat. Coin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik berupa barang yang ada di mini market, gadget bahkan hadiah yang menarik seperti mobil dan umroh.

Tapi beberapa hari yang lalu kartu Ponta yang sering saya gunakan hilang. Entah hilang dimana kartu tersebut. Akhirnya saya laporkan kejadian kehilangan tersebut kepada petugas mini market terdekat dan dia memberikan solusi untuk menghubungi nomor Customer Care Ponta yakni 1500509 jika Anda berada di luar Jakarta atau menggunakan ponsel Anda bisa menggunakan kode area yakni 0211500509.

Petugas Customer Care Ponta langsung membantu permasalahan yang saya alami. Berikut ini alur cara mengganti kartu ponta yang hilang :

  1. Mendatangi mini market Alfamart terdekat untuk meminta kartu pengganti
  2. Hubungi Customer Care Ponta dengan menghubungi 1500509 atau 0211500509dari ponsel atau telpon biasa khusus pengguna dari luar Jakarta.
  3. Petugas akan menanyakan nama lengkap, tanggal lahir, nomor handphone dan nama ibu Anda untuk verifikasi data.
  4. Jika datanya sudah sesuai maka mereka meminta membaca nomor kartu Ponta yang didapat dari Alfamart tersebut.
  5. Setelah nomor kartu tersebut dimasukkan ke sistem yang ada di Ponta tidak berapa lama petugas akan memberitahukan bahwa kartu Pontanya sudah aktif.
  6. Kita akan mendapat notifikasi SMS dari Ponta sebagai pemberitahuan bahwa kartu Pontanya sudah aktif.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun