Mohon tunggu...
Didik Yandiawan
Didik Yandiawan Mohon Tunggu... Administrasi - Kolektor album musik.

Alam semesta adalah guru terbaik saya. Kunjungi saya di: http://www.didikyandiawan.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

F1 2012 dan Tahta Ketiga Vettel

17 Maret 2012   05:50 Diperbarui: 25 Juni 2015   07:55 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

    [caption id="attachment_168851" align="aligncenter" width="1008" caption="RB8 Renault RS27"][/caption]

Hari keempat tes pra-musim Red Bull Racing tengah berlangsung di Jerez, Spanyol (04/03). Sebastian Vettel dan RB8 yang dikemudikannya membukukan catatan waktu 1:23.608. Bagi Vettel, catatan waktunya untuk sesi yang berlangsung sebanyak 23 lap ini kurang menggembirakan. Meskipun demikian, pengamat sekelas Niki Lauda (juara dunia F1 1975, 1977, dan 1984) tak ragu untuk menempatkannya sebagai kandidat utama peraih gelar juara dunia F1 musim 2012.

"Sebastian Vettel adalah salah satu pebalap konsisten yang mengesankan dari generasi baru yang cukup cerdas memanfaatkan kesempatan," ujar Lauda memuji performa Vettel pada kolom yang ditulis untuk F1 Racing. Pernyataan peraih tiga gelar juara dunia F1 ini diperkuat dengan fakta bahwa Red Bull Racing adalah raksasa baru di dua musim balap terakhir. Red Bull Racing merupakan juara dunia konstruktor musim 2010 dan 2011. Vettel dan (Mark) Webber sebagai pebalap utama terbukti mampu mengangkat performa Red Bull Racing. Red Bull Racing bahkan mengungguli Ferrari, McLaren, Williams, dan Mercedes di klasemen akhir konstruktor.

Berkaca pada hasil gemilang tersebut, Red Bull Racing layak diunggulkan untuk mencetak gelar juara dunia konstruktor musim 2012. Kendati regulasi baru yang ditetapkan FIA selaku penyelenggara F1 diantaranya eliminasi sistem pembuangan gas (blown diffuser)dianggap merugikan Red Bull Racing. Musim lalu blown diffusermampu memaksimalkan daya tekan mobil (downforce)dan menjaga kestabilanmanuver mobil ketika melahap tikungan. Dengan ditiadakannya blown diffuser, Red Bull Racing harus memutar otak untuk menyiasati hilangnya senjata rahasia mereka.

Adrian Newey, aktor intelektual kehebatan sasis RB8 adalah garansi kemapanan. Jabatanchief technical officeryang disandang Newey dijawab dengan pengembanganprototypesasis RB3 dan RB4 menjadi RB5, RB6, dan RB7. Latar belakangnya sebagai ahli aerodinamika menjadikan trio sasis teranyar di tiga tahun terakhir menghasilkan kenyamanan bagi Vettel dan Webber. Sehingga kendati regulasi di adu balap jet darat terpopuler dunia berubah, Newey diyakini memiliki senjata lain untuk mengatasinya.

24 pebalap dari 12 tim, enam pebalap di antaranya pernah meraih gelar juara dunia, akan berlaga dalam 20 seri balap F1 musim 2012. Bagaimana kans Vettel musim ini? Meski dihimpit oleh ancaman Hamilton dan Button (McLaren) serta kemapanan Schumacher (Mercedes), Alonso (Ferrari), dan Raikkonen (Lotus), Vettel diprediksi mampu mengatasi tekanan tersebut. Kombinasi antara kecerdasan, keterampilan, dan visinya dibalik kemudi didukung dengan aliran motivasi dan semangat dari segenap kru Red Bull Racing.

Fokus dan konsistensi Vettel hadir di setiap momen balap. Usianya baru 24 tahun, tetapi kerja kerasnya di balik kemudi memesona banyak pengamat F1. Jika talenta besarnya mampu mengelola tekanan besar musim ini, rentetan tiga gelar juara dunia dapat tercapai musim ini. GP Australia menjadi ujian pertama kelayakan Vettel untuk membuktikannya.

+Didik Yandiawan+

     [caption id="attachment_169123" align="aligncenter" width="300" caption="Vettel, Kandidat Kuat Juara Dunia 2012"]

13319640831306905093
13319640831306905093
[/caption]        

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun