Mohon tunggu...
Usman Didi Khamdani
Usman Didi Khamdani Mohon Tunggu... Programmer - Menulislah dengan benar. Namun jika tulisan kita adalah hoaks belaka, lebih baik jangan menulis

Kompasianer Brebes | KBC-43

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

"Photo Editor", Aplikasi Editor Foto yang Andal untuk Pengguna Android

19 November 2020   04:24 Diperbarui: 19 November 2020   04:42 374
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aplikasi Photo Editor | Google Play Store

Melakukan proses editing foto memang paling enak menggunakan komputer atau laptop. Namun, ada kalanya kita pun mesti melakukannya menggunakan ponsel Android kita.

Di Play Store memang tersedia banyak sekali aplikasi editor foto yang dapat kita manfaatkan. Dari yang gratis hingga berbayar. Dari editor foto sederhana hingga yang menawarkan fitur yang kompleks. Salah satunya adalah yang bernama Photo Editor yang dapat diunduh secara gratis melalui halaman Google Store.

Sebenarnya di ponsel Android saya sudah terpasang beberapa aplikasi editor foto, baik yang sudah tersedia dari "sana"-nya maupun yang saya pasang sendiri. Namun, ketika suatu saat saya ingin meluruskan posisi foto (perspektif), saya tidak menemukan fitur tersebut pada semua aplikasi yang saya miliki. Yang ada hanya dapat memutar foto (rotasi) dan cropping.

Saya bisa memaklumi. Kebutuhan editing foto pada ponsel Android memang biasanya berkutat pada cropping, rotasi, efek atau koreksi warna dan kecerahan, serta dekorasi foto. Sementara fungsi-fungsi lainnya, salah satunya seperti yang sedang saya butuhkan, jarang dicari orang.

Akhirnya saya pun mencari-cari kembali aplikasi editor foto di Play Store dan saya pun menemukan Photo Editor. Dan setelah saya menggunakannya dan mengekplorasi fitur-fitur yang ada, saya pun merasa aplikasi ini memang dapat diandalkan. 

Fitur-fitur Photo Editor

Berikut fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi Photo Editor, sebagaimana disebutkan di halaman Play Store-nya:

  • Warna : exposure, kecerahan, kontras, saturasi, suhu warna, dan hue
  • Kurva & Level : edit warna dengan presisi
  • Efek : koreksi gamma, kontras otomatis, tone otomatis, vibrance, blur, pertajam, cat minyak, sketsa, hitam putih kontras tinggi, sepia, dan lainnya
  • Tambahkan teks, gambar, atau bentuk
  • Bingkai, Denoise, Menggambar, Piksel, Kloning, Cut Out
  • Rotasi, Luruskan, Crop, Ubah Ukuran
  • Koreksi : perspektif, lensa, mata merah, keseimbangan putih dan lampu latar
  • Mudah mengedit dengan tampilan sentuh dan zoom
  • Simpan. gambar dalam format JPEG, PNG, GIF, WebP dan PDF
  • Lihat, edit, atau hapus Metadata (EXIF, IPTC, XMP)
  • Simpan hasil akhir ke galeri, sebagai wallpaper, atau di kartu SD
  • Bagikan foto via e-mail, SNS dan lainnya
  • Edit serentak, Crop(Puzzle), Kompres ke ZIP, Buat PDF, Animasi GIF
  • Jepret Halaman Web, Video, atau PDF (Lollipop+)

Sebagai aplikasi gratisan, Photo Editor memang menghadirkan iklan di dalamnya. Toh, keberadaan iklannya, bagi saya pribadi, tidaklah begitu mengganggu karena ukurannya yang kecil dan berada di bagian bawah. Tidak ada iklan pop-up sejauh ini yang saya temukan.

Namun, jika kita ingin benar-benar bebas iklan atau ingin memberi apresiasi kepada pengembangnya, maka kita bisa membeli lisensi bebas iklan hanya senilai 48 ribu rupiah.

Perspektif

contoh foto yang akan saya perbaiki | dokpri
contoh foto yang akan saya perbaiki | dokpri

contoh foto setelah saya perbaiki menggunakan aplikasi Photo Editor | dokpri
contoh foto setelah saya perbaiki menggunakan aplikasi Photo Editor | dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun