Mohon tunggu...
Usman Didi Khamdani
Usman Didi Khamdani Mohon Tunggu... Programmer - Menulislah dengan benar. Namun jika tulisan kita adalah hoaks belaka, lebih baik jangan menulis

Kompasianer Brebes | KBC-43

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Hati-hati Membeli Barang Elektronik Murah di Internet

19 Juni 2020   18:15 Diperbarui: 19 Juni 2020   18:10 208 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hati-hati Membeli Barang Elektronik Murah di Internet
aisyiyah.or.id

Mungkin kita sering melihat iklan yang bersliweran di linimasa media sosial kita tentang produk-produk elektronik bermerk yang ditawarkan dengan harga murah. Baik yang ditawarkan perorangan maupun yang ada di market place. Sekali lagi, barang bermerk, lho ya.

Misalnya disk penyimpanan eksternal baik hard disk maupun flash disk, termasuk sd card. Harga yang biasanya sangat miring, dari 50% hingga 10%. Contohnya hard disk eksternal dengan ruang penyimpanan 1 TB merk A, yang biasa dijual dengan harga kisaran 700 ribu hingga 1 juta, ditawarkan hanya seharga 300 ribuan. Atau sd card dengan ruang penyimpanan di atas 100 GB merk B yang biasa dijual dengan harga ratusan ribu rupiah, dapat dibeli dengan harga hanya puluhan ribu rupiah.

Ada beberapa kemungkinan barang-barang tersebut dapat dijual dengan harga murah.

Di antaranya, pertama, barang tersebut adalah barang aspal. Asli tapi palsu. Atau dengan istilah yang populer disebut dengan KW.

Kedua, barang tersebut memang asli namun sudah merupakan barang bekas. Biasanya dengan menggunakan kemasan ulang seperti aslinya. Contohnya hard disk eksternal yang dapat diketahui setelah kita membongkar chasing-nya. 

Ketiga, barang reject atau tidak lolos quality control.

Keempat, barang selundupan atau BM (black market).

Kelima, produk OEM. OEM singkatan dari Original Equipment Manufacturer. Produk OEM adalah produk yang dikeluarkan dari sebuah perusahaan yang dibeli oleh perusahaan lain yang kemudian diolah atau disertakan dengan produk lainnya. Contohnya OS atau software yang biasanya disertakan pada penjualan komputer atau laptop.  Keenam, barang tersebut memang asli dan sengaja dijual oleh pemiliknya karena tidak dibutuhkan atau si pemilik membutuhkan uang cepat.

Seringkali karena ketidakjelian kita, terutama karena tergiur dengan harga murahnya, kita kemudian terjebak dan akhirnya hanya menyia-nyiakan uang yang kita keluarkan untuk membelinya. Alih-alih mendapatkan harga murah, barang yang kita beli ternyata (cepat) rusak atau tidak memberikan manfaat seperti yang kita harapkan.

Lalu, bagaimana caranya biar kita tidak salah memilih barang yang akan kita beli?

Perhatikan Rating dan Komentar

Jika kita membelinya dari sebuah market place, hal utama yang bisa kita lakukan adalah dengan melihat rating dan komentar dari mereka yang telah membelinya terlebih dahulu. Dengan melihat rating komentar, setidaknya kita mempunyai gambaran tentang kualitas dari produk yang akan kita beli.

Cari Perbandingan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan