Mohon tunggu...
Didik Djunaedi
Didik Djunaedi Mohon Tunggu...

Editor, penulis, dan penikmat hiburan

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Pibox: WhatsApp yang Bisa Kirim File Besar

15 Juni 2016   12:15 Diperbarui: 15 Juni 2016   12:33 0 2 2 Mohon Tunggu...
Pibox: WhatsApp yang Bisa Kirim File Besar
pibox-5760e509a0afbd2d09ebefbf.jpg

Penyimpanan secara cloud dan pengiriman file-file berukuran besar sudah menjadi tuntutan yang mendesak saat ini. Ada banyak website dan aplikasi yang menyediakan layanan tersebut, baik yang gratis maupun berbayar. Sementara itu komunikasi atau pengiriman pesan berbasis data internet juga menjadi trend karena biayanya semakin murah dibandingkan cara konvesional seperti SMS.

Nah, kini ada layanan yang memadukan kedua hal tersebut, penyimpanan dan pengiriman file yang sekaligus berfungsi sebagai messaging layaknya WhatsApp, Line, dan WeChat. Namanya pibox. Gagasan awal terbentuknya Pibox memang dari keinginan untuk berbagi file besar tanpa kehilangan kualitasnya seperti yrang diutarakan salah satu pembuatnya, Ruslan Naz, melalui ProductHunt.

Saat ini Pibox tersedia dalam versi Web dan Android, versi iOS untuk iPhone segera menyusul seperti dinyatakan dalam website-nya.

Cara membuat akun Pibox:

  • Masuk ke website pibox.com atau ke Google Play dengan mengunduh app-nya.
  • Daftar dengan memasukkan nomor ponsel.
  • Tunggu verifikasi melalui SMS, masukkan angka verifikasi.
  • Masukkan lagi nomor ponsel dan password yang Anda pilih, serta nama lengkap yang akan Anda gunakan sebagai nama di Chat.

pibox02-5760e5281a7b61e905cf8043.jpg
pibox02-5760e5281a7b61e905cf8043.jpg
Pada saat mendaftar pertama kali, kita akan mendapatkan space sebesar 3,14GB yang bisa kita gunakan untuk menyimpan file apa saja, tanpa kehilangan kualitas aslinya.

Untuk mendapatkan ruang penyimpanan tambahan sebesar 3,14GB, masukkan kode 1IRI di bagian Setting > Enter invitation code. Maka total ruang yang kita dapatkan secara gratis adalah 6,28GB. Lumayan kan? Selanjutnya untuk memperoleh tambahan ruang penyimpanan lebih besar, bagikan saja kode undangan Anda ke teman-teman. 

Anda sebagai pengirim dan teman Anda masing-masing akan mendapatkan tambahan 3,14GB. Jika Anda mengundang teman sebanyak 5 orang maka Anda akan mendapatkan 50GB, mengundang 7 orang dapat 100GB dan mengundang 10 orang dapat 1000GB (1 TB) selama 15 bulan.

Untuk berbagi file-file besar kita dapat menggunakan messaging atau chat dengan memberikan link-nya, tidak perlu berkirim email. Bisa dikatakan ini adalah WhatsApp yang mampu mengirim berbagai file ukuran besar, seperti video, foto dan desain tanpa kehilangan kualitasnya. Selamat mencoba, jangan lupa memasukkan kode invitasi: 1IRI untuk dapat tambahan ruang.