Pada tahun yang lalu, problematik di sekitar evaluasi belajar telah berkembang menjadi sub-bidang yang penting dalam rangka bidang studi didaksologi. Kalau di masa yang lalu evaluasi belajar kerap dipusatkan pada evaluasi terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mereka mengikuti pengajaran selama periode waktu tertentu, akhir-akhir ini perhatian juga diberikan pada proses belajar - mengajar yang mendahului tercapainya hasil belajar itu. Bahkan telah berkembang "Evaluasi Pendidikan" yang meliputi jauh lebih dari pada peninjauan evaluatif terhadap hasil belajar dan proses belajar-mengajar di dalam kelas, misalnya evaluasi terhadap kurikulum sekolah sebagai keseluruhan dan evaluasi terhadap inovasi dalam pendidikan dan pengajaran. Namun dalam pembahasan ini, perhatian utama diberikan pada evaluasi terhadap hasil belajar dan evaluasi terhadap proses belajar-mengajar di dalam kelas, dengan berpegang pada modul "Kegiatan Didaktik".Â
Evaluasi berarti penentuan sampai berapa jauh sesuatu berharga, bermutu atau bernilai. Evaluasi terhadap hasil belajar yang dicapai oleh siswa dan terhadap proses mengajar-belajar mengandung penilaian terhadap hasil belajar atau proses belajar itu, sampai berapa jauh keduanya dapat dinilai baik.Â