Mohon tunggu...
Dicky Saputra
Dicky Saputra Mohon Tunggu... Content Writer

Content Writer

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

3 Alasan Kenapa Anda Membuat Keputusan Buruk dan Bagaimana Menghentikannya

6 Agustus 2020   15:08 Diperbarui: 10 Agustus 2020   22:16 1398 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Alasan Kenapa Anda Membuat Keputusan Buruk dan Bagaimana Menghentikannya
Membuat keputusan (Sumber Foto: unsplash.com)

Semua yang Anda lakukan dalam hidup adalah sebuah pertukaran. Semua yang Anda katakan, lakukan, atau kejar mempunyai harga yang harus dibayarkan dan juga keuntungannya masing-masing.

Harga dan keuntungan ini ngga selalu langsung terlihat. Kadang tersembunyi di balik waktu. Keuntungan bisa langsung dirasakan tapi harga yang harus dibayarkan ada di masa depan. Atau sebaliknya.

Kadang harga yang harus dibayar dan keuntungan yang akan didapat ngga dalam bentuk materi. Bisa juga dalam bentuk psikologis, kesehatan, dan semacamnya. Tapi, tetap akan ada pertukaran antara apa yang Anda bayarkan dan apa keuntungan yang akan Anda dapat.

Ngga ada yang namanya hidup hanya senang, tanpa sakit. Atau, hanya ada sukses, tanpa ada kegagalan. Hanya ada penerimaan, tanpa ada penolakan. Ngga ada hal-hal semacam itu.

Untung dan rugi, atau saya bilang mendapatkan dan melepaskan, itu berjalan berbarengan. Apapun yang Anda lakukan atau katakan, itu berarti Anda sudah melepaskan berbagai pilihan yang bisa anda lakukan atau katakan.

Ngga ada yang gratis di dunia ini. Kalau Anda memilih untuk memakan nasi goreng, misalnya, berarti Anda melepaskan pilihan untuk memakan mie rebus. Atau, Anda memilih memakan mie rebus, Anda sedang melepaskan pilihan makan nasi goreng. Anda ngga bisa mendapatkan keduanya. Harus ada yang anda lepaskan.

Begitulah pilihan hidup. Anda harus memilih apa yang akan Anda ambil dan apa yang akan Anda lepaskan. Apa yang layak dilepaskan untuk mendapatkan yang lainnya. 

Apa hal lain yang layak didapat sampai harus melepas hal yang satunya? Itu pertanyaan-pertanyaan, yang sadar atau ngga sadar, harus Anda jawab dalam setiap keputusan yang harus Anda buat.

Kalau semua dalam hidup adalah tentang pertukaran, mendapatkan satu hal dan melepaskan hal lainnya di saat bersamaan, itu artinya hidup yang baik adalah tentang membuat pertukaran yang baik.

Dengan kata lain, keuntungan yang Anda dapat haruslah lebih besar dibandingkan dengan harga yang harus Anda bayar, yaitu hal yang Anda lepaskan.

Masalahnya, kita seringkali sangat sulit menilai mana yang harus diambil dan mana yang harus dilepas. Kita sering ngga tahu apa harga yang harus kita bayar dari keputusan yang kita buat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x