Mohon tunggu...
Diaz Mulyawati
Diaz Mulyawati Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi '19

Korean Drama Addict

Selanjutnya

Tutup

Film

Nonton "Canola" Menguras Air Mata, Masa Sih?

2 Oktober 2020   12:09 Diperbarui: 2 Oktober 2020   12:21 39 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nonton "Canola" Menguras Air Mata, Masa Sih?
Sumber gambar: Pinterest

'CANOLA' adalah sebuah drama keluarga yang mengangkat tema sebuah hubungan nenek dan cucunya, film ini dibintangi aktris senior Youn Yuh-jung dan aktris muda yang lagi naik daun Kim Go-eun. film ini turut dibintangi Yang Ik-june, Choi Min-ho dan Kim Hee-woon.

Canola rilis di Korea Selatan sendiri pada 19 Mei 2016 dan didistributori oleh Nanda Kinda, rumornya film ini sudah sejak lama menjadi perhatian karna pemilihan castnya yang tidak diragukan lagi untuk urusan dramatisasi korea terutama untuk film bergenre keluarga.

Film ini bercerita tentang  Nenek, Gye-choon (diperankan Youn Yuh-jung) seorang pencari tiram di Pulau Jeju. Ia hanya tinggal dengan cucu perempuan kesayangannya Hye-ji, yang yatim piatu.  Hye-ji sangat suka menggambar dan sang nenek yakin bahwa kelak, Hyeji akan berhasil dengan bakatnya. Suatu hari, sang nenek membawa Hye-Ji ke pasar di tengah kerumunan Hye-Ji terpisah dari neneknya dan kemudian hilang tanpa jejak. Sejak saat itu sang nenek terus mencari cucunya setiap hari tanpa henti dan pantang menyerah, 12 tahun berlalu sebuah agen pencari orang hilang mengabari bahwa Hye Ji telah ditemukan, Hye Ji kini tumbuh cantik sebagai seorang gadis remaja (diperankan Kim Go-eun).

Tetapi Hye-Ji yang kembali, bukanlah Hye-Ji 12 tahun lalu yang hilang. Hye-Ji yang kembali penuh dengan rahasia yang tidak diketahui oleh siapapun, dan menimbulkan kecurigaan dari orang-orang kampung tidak banyak dari mereka yang meyarankan untuk melakukan test DNA.

Film ini wajib banget teman-teman kompasiana tonton, karna secara garis besar cerita film ini memang menarik, karena mengetengahkan hubungan antara nenek dan cucu. Serta latar pulau Jeju yang ‘eksotis’ menjadi nilai tambah. Sentuhan misteri cukup membuat penasaran, cinta dan kasih sang nenek sangat sampai kepada kita saat menonton film ini benar-benar menyayat hati dan membuat banjir air mata.

Apapun dilakukan sang nenek untuk Hye-Ji, sampai pada akhirnya sang nenek tau ternyata Hye-Ji yang ada dirumahnya bukan Hye-Ji cucunya. Sampai akhirnya Hye-ji pergi dan sang nenek menjadi sakit, stres dan hilang. Saya tidak kuat saat melihat scene sang nenek berjalan dipasar, dengan pakaian lusuh dan membawa kantong plastik berjalan tanpa arah dan tujuan dipasar.

Sampai pada akhirnya Hye-Ji kembali mencari sang nenek dan merawatnya, sampai pada akhir film ini pun penonton tetep dibuat nangis dengan kepergian sang nenek untuk selama-lamanya. Menurut saya alur cerita film ini sangat ringan, tetapi pesan dalam film ini sangat dapat saya rasakan dan membuat hati saya pilu melihat perjuangan sang nenek.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x