Mohon tunggu...
Dede Diaz Abdurahman
Dede Diaz Abdurahman Mohon Tunggu... Travel Blogger

Blogger Traveller, Football lover, Food hunter, and Slowly biker

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pasanggiri Tembang Cianjuran DAMAS ke-22 Tahun 2019

17 November 2019   22:27 Diperbarui: 17 November 2019   22:31 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pasanggiri Tembang Cianjuran DAMAS ke-22 Tahun 2019
dokpri

Pasanggiri Tembang Sunda Cianjuran (PTSC) DAMAS kembali digelar. Tujuan diselenggarakannya PTSC DAMAS ke-22 ini  adalah demi melestarikan salah satu ciri keluhuran rasa dan karsa masyarakat Sunda yakni Seni Tembang Sunda Cianjuran. 

Kegiatan ini dilaksanakan kembali di tanah Cianjur, tepatnya di Hotel Delamar Palasari Indah Cipanas, Kabupeten Cianjur. Pasanggiri Tembang Sunda Cianjuran ini dilaksanakan mulai tanggal 14-17 November 2019, yang diikuti oleh perwakilan kota/kabupaten yanga ada di Provinsi Jawa Barat. Para peserta berasal dari Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, dan tuan rumah Kabupaten Cianjur.

dokpri
dokpri
Para peserta akan memperebutkan piala bergilir Piala Bpk. Umar Wirahadi Kusumah, Piala Damas, Piala Emas Sinilih Pancaniti, Piala Gubernur Provinsi Jawa Barat, Piala Pangyuga Utama, Piala Kancana Nyi Mas Saodah, Piala Ir. Arifin Yoesoef, Piala Ibu Euis Komariah, Piala Kepala Disparbud Jawa Barat, Piala Kang Apung, Piala Kang Enip, Piala Kang Bakang Abu Bakar. Juga piala tetap Disparbud Jabar, Piala Bupati Cianjur dan Piala Sesepuh Puseur DAMAS.


Kegiatan ini dibuka oleh Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman di dampingi Plt Kadisparpora  Kabupaten Cianjur pada hari Kamis tanggal 14 November 2019 dengan prosesi Sérén Tampi Piala Pangyuga Utama dan Piala Emas Sinilih Pancaniti. Dilanjutkan dengan Talawungan yang akan diisi penampilan tembang sunda cianjuran oleh para bintang tembang yang merupakan para pinunjul terdahulu. 

dokpri
dokpri
Dalam sambutannya Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman sangat mengapresiasi dengan diadakannya Pasanggiri Tembang Sunda Cianjuran ini. Kalo bukan kita siapa lagi yang akan ngamumule kesenian ini. Apalagi dengan kondisi era globalisasi yang sudah semakin cepat dan tidak bisa dipungkiri masuknya budaya budaya luar ke masyarakat.

Menurut Kabid Pemasaran Disparpora Cianjur Enung Sri Hayati, pihak Disparpora Kabupaten Cianjur mendukung penuh kegiatan Pasanggiri Tembang Sunda Cianjuran ini apalagi pelaksanaannya diadakan di tanah kelahiran tembang Cianjuran yakni Cianjur. Moment ini sangat bagus bagi pariwisata Cianjur, dengan event seperti ini diharapkan akan mendatangkan wisatawan ke Cianjur. 

dokpri
dokpri
Kedepannya diharapkan kegiatan ini bisa dijadikan sebagai event tahunan dengan diangkat menjadi Festival Cianjuran. Walaupun dari sisi pelestarian ini masuk ke bidang Kebudayaan yang ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga mengangkat melalui promosi event pariwisata yang berupa festival.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x