Mohon tunggu...
Dede Diaz Abdurahman
Dede Diaz Abdurahman Mohon Tunggu... Travel Blogger

Google Street View Trusted Photographer Content creator, vlogger, hobi travelling, suka foto, ngeblog, baca buku, footballover & coffee addict

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Dukung Hari Lingkungan Hidup Guha Pawon Lakukan Jumat Bersih

16 Juni 2019   09:18 Diperbarui: 16 Juni 2019   09:37 122 2 1 Mohon Tunggu...

Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup tahun 2019 dan Hari Jadi Kabupaten Bandung Barat yang ke 12, Bupati Kabupaten Bandung Barat mencanangkan kegiatan gotong royong Jumat Bersih disetiap wilayah Kabupaten Bandung Barat. 

Tak terkecuali dibeberapa hotel, restoran serta tempat wisata yang tersebar dari ujung Barat hingga ujung Selatan dan Utara Kabupaten Bandung Barat. Hari Jumat kemarin seluruh pengelola tempat wisata ikut serta menyukseskan kegiatan program Jumat Bersih.

screenshot-20190616-090306-1-5d05a6d9c01a4c08f620ba64.jpg
screenshot-20190616-090306-1-5d05a6d9c01a4c08f620ba64.jpg
Kegiatan Jumat Bersih juga terlihat di Situs Purbakala Guha Pawon di daerah Gunungmasigit Kecamatan Cipatat. Para pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Guha Pawon bahu membahu membersihkan kawasan yang rencananya akan menjadi bagian dari Geopark Citatah ini. 

Acara yang dimulai sekitar pukul 08.30 WIB ini sedikit berbeda, karena disaat yang bersamaan hadir perwakilan dari PT. Saka Jakarta yang memberikan bantuan berupa alat alat kebersihan kepada Pokdarwis Guha Pawon yang diterima  oleh Ketua Pokdarwis Yetty Laelawaty.

Menurut Yetty, bantuan alat alat kebersihan ini merupakan bentuk dukungan serta kepedulian dari PT. Saka Jakarta yang juga merupakan salah satu perusahaan pemberi bantuan rutin terhadap Pokdarwis Guha Pawon. 

Pemberian bantuan secara simbolis dari PT. Saka Jakarta yang diwakili oleh Yuni Yuliani, disaksikan oleh beberapa pengurus Pokdarwis yang turut hadir pada pagi itu.

dokpri
dokpri
Selain membersihkan lingkungan sekitar Guha Pawon, para pengurus Pokdarwis pun memilah sampah organik, anorganik, serta sampah plastik. 

Di Guha Pawon sendiri nantinya akan diarahkan agar para pengunjung bisa membawa sendiri botol minuman (tumbler) ketika mengunjungi situs purbakala Guha Pawon. 

Ini merupakan salah satu bentuk kampanye dukungan Pokdarwis Guha Pawon untuk mengurangi penggunaan sampah plastik terutama bekas botol air mineral. 

Diharapkan kegiatan Jumat Bersih ini bukan hanya diadakan ketika momen momen tertentu saja, tetapi bisa diaplikasikan dan dilaksanakan setiap hari Jumat seterusnya.

VIDEO PILIHAN