Mohon tunggu...
Dede Diaz Abdurahman
Dede Diaz Abdurahman Mohon Tunggu... Travel Blogger

Blogger Traveller, Football lover, Food hunter, and Slowly biker

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Jelajah Wisata Sejarah Tjimahi Bangkitkan Nuansa 40'an

24 April 2019   08:45 Diperbarui: 24 April 2019   08:57 0 2 1 Mohon Tunggu...
Jelajah Wisata Sejarah Tjimahi Bangkitkan Nuansa 40'an
Dokpri

Sejalan dengan arah perkembangan pariwisata Kota Cimahi bahwa dalam konteks kegiatan promosi salahsatu upaya yang dilakukan Disbudparpora Cimahi adalah melalui pengemasan paket dan jenis wisata unggulan. 

Paket wisata terbentuk menjadi sebuah perjalanan wisata yang disusun dari gabungan komponen produk pada umumnya yaitu mencakup aktivitas yang pada dasarnya dibentuk untuk mendapatkan sesuatu yang bisa dilihat (something to see) sesuatu yang bisa dilakukan (something to do) dan sesuatu yang bisa dibeli (something to buy)dimana didalamnya terdapat unsur daya tarik, amenitas, dan aksesibilitas.

Seperti diketahui Kota Cimahi sebagai salah satu kota di Jawa Barat yang tidak banyak memiliki potensi wisata alam seperti daerah lainnnya. Justru dibalik keterbatasan pasti ada suatu keunikan yang tersembunyi dan dimiliki oleh Kota Cimahi. 

Dan memang terbukti Kota Cimahi ternyata kaya akan potensi heritage dengan sejarah kemiliteran di Indonesia yang sangat kental. Dengan potensi yang dimiliki tersebut diprediksi akan menjadi salahsatu daya tarik untuk tujuan wisata tematik di Jawa Barat.

Sejalan dengan kondisi tersebut dalam rangka menjadikan kota Cimahi sebagai destinasi wisata unggulan di Jawa Barat maka Disbudparpora Kota Cimahi melaksanakan kegiatan jelajah wisata sejarah Tjimahi dengan konsep Nuansa 1940. 

Sebuah acara dengan menggabungkan unsur kebudayaan melalui pergelaran seni dan budaya, unsur Olahraga dengan menampilkan atraksi permainan tradisional, serta unsur sejarah nya melalui pameran perlengkapan militer serta fashion show busana tempo dulu.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 27 April 2019 di Pusdikhub AD Kota Cimahi yang diikuti oleh 25 Komunitas Seni, Budaya, dan Pariwisata serta tamu undangan, dengan target pengunjung 1000 orang. 

Rangkaian kegiatan terdiri dari : Pergelaran Seni Budaya, Pameran Industri Kreatif, Festival Kuliner Tempo Dulu, Atraksi Permainan Tradisional, Fashion Show Tempo Dulu, Pertunjukan Seniman Jalanan, Manusia Patung, Pameran Foto dan lukisan, Pameran Alat Komunikasi Militer dan Re- Enactor 1940. Acara juga akan dimeriahkan dengan penampilan Rida RSD yang akan mengisi puncak acara Jelajah Wisata Sejarah Tjimahi ini.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi Budi Raharja, kegiatan ini bertujuan dalam rangka memberikan kesamaan pemahaman dan komitmen bersama tentang pentingnya sinergitas dalam pengembangan destinasi pariwisata serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat ekonomi dari berkembangnya pariwisata di Kota Cimahi. 

Melalui kegiatan ini pula diharapkan dapat mengimplementasikan semangat "Cimahi Incorporated" di semua level melalui konsep Pentahelix "ABCGM" yaitu Academician, Bussiness, Community, Government, dan Media. Kelima unsur tersebut harus sinergis dan saling support dalam membangun iklim pariwisata yang kondusif.