Mohon tunggu...
Dias Ashari
Dias Ashari Mohon Tunggu... Wanita yang bermimpi GILA, itu akuuu..

Mantan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

4 Hal yang Harus Disiapkan Ketika Naik Gunung

26 Oktober 2020   10:31 Diperbarui: 26 Oktober 2020   10:35 66 15 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Hal yang Harus Disiapkan Ketika Naik Gunung
Gunung Merbabu Selo Jawa Tengah, Dokumen Pribadi

Hai kompasiener !

Siapa yang disini hobi naik dan mengeksplor keindahan gunung yang ada di Indonesia ?. Hem kalau ada berarti kita punya hobi yang sama dong. Siapa tau gitu kali-kali kita bisa trip bareng, biar ketemu di dunia nyata gitu engga di virtual mulu hehehe.

Ngobrolin soal gunung memang ga ada habisnya, selalu saja ada tema menarik untuk dibahas. Mulai dari persiapan mental, persiapan fisik, persiapan peralatan, hingga persiapan keberangkatan.

Pertama, bagi pendaki pemula seperti penulis, tentunya persiapan mental ini sangat penting untuk dijadikan prioritas utama. Berdasarkan pengalaman penulis yang pernah mengalami mental drop saat naik gunung. Kalian wajib banget buat mencari amunisi dan kepercayaan dengan cara banyak berdiskusi dengan pendaki yang sudah berpengalaman. Hal ini sangat membantu kalian dalam mengukur sejauh mana kemampuan kalian. Kemudian setidaknya kalian memiliki gambaran secara umum sebelum melakukan pendakian.

Kedua, persiapan fisik. Terdengar klise memang namun jangan sampai disepelekan. Jangan sampai apa yang dialami penulis terjadi kembali, langsung ngos-ngosan padahal baru menanjak beberapa langkah saat pendakian pertama kala itu. Lakukanlah olahraga ringan seperti jalan kaki dan naik tangga agar otot-ototmu terbiasa dan tidak tegang saat melakukan pendakian. Jika kalian berkenan boleh juga mencoba membawa beban berat dalam carier supaya bahu terbiasa membawa beban berat ketika melewati medan yang terjal.

Ketiga, persiapkan peralatan dengan sebaik mungkin. Bawalah alat yang benar-benar diperlukan selama pendakian. Jika perlu buatlah list dalam kertas agar membantumu saat menyiapkan peralatan tersebut.

Keempat, persiapan keberangkatan. Hal pertama yang tidak boleh diabaikan adalah kalian harus menggunakan pakaian yang nyaman selama pendakian. Terlebih aktivitas pendakian akan menguras banyak keringat, sehingga sangat diperlukan sekali menggunakan bahan baju yang dapat menyerap dengan mudah. Berdasarkan pengalaman penulis, bahan cotton combed adalah rekomendasi utama bahan yang dapat kalian gunakan. Selain mudah menyerap keringat, bahan ini juga tidak kaku sehingga membuat nyaman badan ketika digunakan. Bahannya yang lembut tentu akan bersahabat dengan jenis kulit kalian, apalagi yang memiliki kulit lebih sensitive.

Nah jika kamu sudah menggunakan pakaian yang sesuai saat mendaki. Jangan lupa persiapkan transportasi yang aman. Satu lagi jangan lupa meminta izin kepada kedua orangtua, agar perjalananmu selamat hingga pulang lagi ke rumah. Bukanlah ada pepatah mengatakan " Puncak bukanlah tujuan, tapi pulang dengan selamat itu yang utama". Selamat berlibur guys, jangan lupa tetap jaga kesehatan ya.

Salam Lestari !

VIDEO PILIHAN