Mohon tunggu...
Dias Ashari
Dias Ashari Mohon Tunggu... Wanita yang bermimpi GILA, itu akuuu..

Mantan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bingo Menjadi Media Seru dalam Belajar Online

20 Oktober 2020   17:16 Diperbarui: 20 Oktober 2020   17:21 17 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bingo Menjadi Media Seru dalam Belajar Online
Sumber : Printeres

PJJ ( Pelajaran Jarak Jauh) menjadi istilah yang familiar sejak pandemic Covid-19 terjadi di Indonesia. Hal ini menuntut pengajar dan pembelajar untuk melakukan kegiatan KBM melalui media online.

Fenomena ini pun serasa mengajak orang tua kembali untuk mengenyam bangku sekolah. Mengapa demikian ? karena notabene hampir sebagian besar tugas dikerjakan oleh orang tua murid. Terlebih jika yang sekolah itu adalah anak-anak TK atau SD yang belum memiliki kemandirian yang baik.

Begitu pun yang terjadi pada anak SMP, SMA maupun jenjang perkuliahan. Kini belajar bukan menjadi sesuatu hal yang harus dilakukan penuh dengan keseriusan. Kebebasan menjadi salah satu faktor utamanya. Terlebih mereka merasa tidak diawasi secara langsung oleh pengajar.

Ketika pembelajaran dimulai pun seorang siswa dapat mematikan tampilan video dari wajahnya. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika siswa tersebut melakukan aktivitas lain selain pembelajaran. Metode ceramah dalam belajar pun menjadi hal yang sedikit membosankan jika diadakan dalam rentang waktu yang cukup lama.

Disini keterampilan dan kreativitas pengajar memang sangat diuji. Mereka harus menemukan metode yang menarik kepada para siswa untuk meminimalisir kebosanan.

Penulis ingin berbagi salah satu metode belajar menggunakan permainan bingo yang pernah salah satu dosen berikan kepada mahasiswanya. Penulis pun merasa metode ini bisa digunakan untuk para siswa yang membedakannya hanya jenis pertanyaan saja.

Untuk memulai permainan ini siapkan terlebih dahulu kertas berukuran A4. Kemudian buatlah kotak ukuran 10 x 10 atau 15 x 15 dapat disesuaikan dengan jumlah siswa yang mengikuti. Setelah kotak selesai maka isilah kotak-kotak tersebut dengan angka 1-100 atau 1-225 dengan deret secara acak. Jika kotak sudah dipenuhi dengan angka maka kini pengajar cukup menyediakan pertanyaan yang disesuaikan dengan materi yang akan diberikan. Agar siswa tidak kebingungan sebelum dimulai permainan boleh membaca dulu materi yang bersangkutan.

Siswa yang menjawab pertanyaan dengan tepat dipersilahkan untuk memilih satu angka yang dia mau. Setelah ia menentukan dan mengumumkan maka semua pemain wajib mengasir angka yang dipilih oleh pemenang yang menjawab pertanyaan. Hal ini terus berlanjut hingga ada salah satu pemain yang dapat membuat garis lurus dari 10-15 deretan angka yang sudah diarsir. Garis tersebut harus lurus bagaimana pun arahnya asal tidak boleh berkelok. Jika ada pemain yang berhasil maka ia harus mengatakan kata bingo.

Permainan ini cukup menantang ketelitian, kompetisi, kecepatan dan tentunya membuat otak terus berpikir. Permainan ini memberikan materi pembelajaran melalui cara yang asyik. Hal terpenting dari permainan ini dapat membuat semua siswa lebih interaktif lagi dalam proses KBM.

Selamat Mencoba !

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x