Mohon tunggu...
Diantika IE
Diantika IE Mohon Tunggu... Freelancer

Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Orang Indonesia Juaranya Pembuat Kreasi Makanan

16 Agustus 2019   11:37 Diperbarui: 16 Agustus 2019   12:01 0 2 1 Mohon Tunggu...
Orang Indonesia Juaranya Pembuat Kreasi Makanan
indonesiaone.org

Orang Indonesia paling rajin masak dan makan di rumah, menduduki urutan ke empat di dunia. Peringkat ini diketahui dari hasil penelitian yang dilansir Country Living. Setelah negara India, Ukraina dan Afrika Selatan, Indonesia menempati posisi ke empat, yaitu masak selama 8,3 jam per hari.

Hal ini tidak diragukan lagi. Berbagai acara televisi pun banyak sekali menayangkan siaran masak-memasak. Acara wisata kuliner pun banyak dipertontonkan di televisi. 

Belum lagi, media sosial Instagram dan youtube yang menampilkan betapa menariknya sebuah hidangan. Review tempat makan, dan lain sebagainya ditampilkan. Hal itu menandakan bahwa betapa banyak orang Indonesia yang pandai memasak.

Selain durasi masak yang lama, keterampilan orang Indonesia dalam memasak pun patut diacungi jempol. Bayangkan, orang Indonesia begitu kreatif menciptakan kreasi makanan. 

Tidak harus memiliki titel Chef untuk mampu berkreasi. Karena dari bahan sederhana seperti tepung tapioka saja, orang Indonesia sudah mampu menciptakan berbagai macam olahan makanan.

resepkoki.id
resepkoki.id
Di Jawa Barat misalkan, dari bahan tepung tapioka, dapat dikreasikan menjadi makanan, seperti Cireng (aci digoreng), Cilok (aci dicolok/ditusuk), Cimin (aci mini, memiliki bentuk yang kecil-kecil dimasak dengan cara dipanggang dan disiram aneka jenis saus), Cimol (cireng kering  berbentuk bulat kecil), Bakso Aci, dan Cipuk (perpaduan acid an kerupuk mentah yang diolah menjadi penganan yang lezat). Cita rasanya pun tidak perlu diragukan. Makanan ini, walaupun sederhana selalu banyak peminatnya.

Cipuk / youtube.com
Cipuk / youtube.com
Cireng sendiri banyak divariasikan ke dalam bentuk lain. Cireng jeletot, yang rasanya begitu pedas, beirsi cabe rawit yang diulek kasar, sehingga makan gorengan yang satu ini tidak perlu ditambah denga gigitan cabe rawit lagi.

Cireng isi, dengan isian yang sangat bervasiasi. Dari mulai yang berisi daging giling, daging cincang, sosis, bakso, mie, hingga parutan keju, memanjakan lidah yang memakannya.

bakso beranak / idntimes
bakso beranak / idntimes
Orang Indonesia selalu kreatif dalam menciptakan makanan. Seolah apapun bisa menjadi bahan pengisi perut. Walaupun di Indonesia sudah begitu menjamur penjual makanan, baik yang dijajakan di pinggiran sampai ke restoran mewah, tetapi orang Indonesia tidak pernah kehilangan ide.

Baiklah, saya beri satu lagi contoh kreatif gilanya orang Indonesia. Kita bahas Bakso. Dari makanan ini, oorang Indonesai membuat berbagai kreasi unik.

Bakso adalah makana pavorit orang Indonesia. Terutama kaum perempuan. Karena banyak peminat dan saingan penjual bakso, aneka bakso pun tercipta. Para pengusaha bakso yang kreatif mulai mengkreasikan bakso dari bentuk dan rasanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x