Mohon tunggu...
Diantika IE
Diantika IE Mohon Tunggu... Freelancer

Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Putra Jaya Umar: Pengusaha Harus Peduli Negerinya Sendiri

29 Januari 2019   12:43 Diperbarui: 29 Januari 2019   17:51 0 3 2 Mohon Tunggu...
Putra Jaya Umar: Pengusaha Harus Peduli Negerinya Sendiri
H. Putra Jaya Umar (poto koleksi pribadi Putra)

Tanah air adalah tempat kita hidup dan menjalankan segala aktifitas dalam roda kehidupan. Setiap penghuni sebuah negeri sesungguhnya memiliki kewajiban untuk ikut serta membangun daerah tempat tinggalnya demi kemajuan daerah khususnya dan demi kemajuan bangsa pada umumnya. Bangsa yang maju tentu tidak terlepas dari kemajuan daerah-daerah yang menjadi bagian dari bangsa tersebut. Indonesia tidak akan benar-benar dikatakan maju jika masih ada daerah-daerah yang terpuruk dan hancur.

Hal itulah yang memotivasi H. Putra Jaya Umar untuk kembali ikut andil dalam memajukan daerah Lampung tahun ini. Menurutnya, semakin banyak orang baik dan peduli ke dunia politik, maka semakin baiklah negara. Demikian pula sebaliknya. Jika semakin banyak orang yang tidak lurus niatnya maju ke ranah politik maka semakin bobroklah negara.  

Pria yang merupakan pengusaha di bidang otomotif dan memiliki hobi membaca buku yang berhubungan dengan pertanian, ekonomi, dan politik ini, kian berniat untuk turut membangun Lampung. Berbagai sumber bacaan dan pemberitaan yang digemarinya, telah membuatnya semakin memahami Lampung.

Putra Jaya Umar (Ke dua dari kiri) /sumber poto : koleksi pribadi Putra
Putra Jaya Umar (Ke dua dari kiri) /sumber poto : koleksi pribadi Putra
Putra, begitu sapaan akrabnya, ia merasa terpanggil untuk mengembangkan dan memajukan Lampung. Baginya Lampung merupakan daerah dengan segala potensi sumber daya alam yang harus dikembangkan secara maksimal. Selain itu, Lampung merupakan  pintu gerbang Sumatra yang kaya akan potensi wisata. Menurut Putra, membuka akses ke banyak tujuan baik domestik maupun  mancanegara untuk memasarkan pruduk Lampung dan aset wisata merupakan cara yang tepat untuk memajukan daerahnya tersebut. Hal yang menurutnya bersifat urgen yang harus segera diperbaiki di Lampung. Hal tersebut adalah masalah infrastruktur jalan, keamanan, fasilitas perijinan, lapangan pekerjaan juga fasilitas wisata.

Selain yang bersifat fisik, sesuatu yang penting lainnya, yang harus tetap diperhatikan demi memajukan Lampung yaitu, masalah pendidikan dan kepemudaan. Pendidikan dan pemuda adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Bangsa yang maju adalah bangsa yang penduduknya cerdas. Bangsa yang maju adalah bangsa yang pemudanya berakhlak dan memiliki kecintaan yang tinggi terhadap negeri. Beliau mengutif sebuah pernyataan Sukarno, yang menggatakan, "beri aku 10 pemuda maka akan aku guncang dunia", karena generasi muda adalah harapan bangsa.

Selanjutnya, pria yang merupakan direktur CV Prima Jaya Motor ini, memiliki impian untuk memperkenalkan segala potensi Lampung ke dunia internasional. Baginya, orang yang peduli kepada kemajuan Lampung selayaknya harus menjadi sebuah lilin yang bisa menerangi sekelilingnya. Sebagai orang yang peduli Lampung, ia berharap bisa menjadi penerang yang bisa membawa Lampung ke arah yang lebih baik. Menjadi pengusaha jangan hanya mengambil keuntungan dari daerah tempat membangun bisnis dan mendapatan penghidupan. Pengusaha juga harus punya andil dalam membangun negeri dan memberikan usaha nyata dalam memajukan daerahnya.  

KONTEN MENARIK LAINNYA
x