Mohon tunggu...
Dian Nur Riski
Dian Nur Riski Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

KKN Tim II Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Menstimulasi UMKM, Seorang Mahasiswi KKN UNDIP Upayakan "Gerakan Memasyarakatkan Olahan Ikan (GEMARIKAN)"

5 Agustus 2021   12:39 Diperbarui: 5 Agustus 2021   12:58 46 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menstimulasi UMKM, Seorang Mahasiswi KKN UNDIP Upayakan "Gerakan Memasyarakatkan Olahan Ikan (GEMARIKAN)"
GEMARIKAN di salah satu rumah warga sekaligus pelaku UMKM (Dokpri)

PRACIMANTORO, WONOGIRI – Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) saat ini tengah menjadi perhatian pemerintah dalam menstabilkan kondisi perekonomian negara. Maraknya kabar pegawai di PHK sebagai dampak dari pandemi Covid-19 menjadi guncangan besar untuk keberlangsungan hidup warganya. Pergawai yang ter-PHK terpaksa kehilangan sumber pendapatan utama. Dalam hal ini, UMKM menjadi solusi terbaik untuk tetap bisa memperoleh penghasilan. Solusi tersebut dapat diterapkan di berbagai daerah salah satunya di Desa Pracimantoro, Kec. Pracimantoro, Kab. Wonogiri.

Pracimantoro merupakan salah satu desa sasaran untuk pelaksanaan KKN TIM II Universitas Diponegoro. Di desa ini telah dilaksanakan sebuah program untuk menstimulus UMKM yang disebut sebagai “Gerakan Memasyarakatkan Olahan Ikan (GEMARIKAN)” pada Selasa (20/7/2021). Program GEMARIKAN dilaksanakan secara door to door ke rumah warga dan diutamakan ke pelaku UMKM. GEMARIKAN dilakukan dengan mensosialisasikan cara mengolah ikan yang lebih inovatif dan kandungan yang ada di dalamnya.

GEMARIKAN dimaksudkan untuk memperkenalkan olahan ikan kepada masyarakat Desa Pracimantoro dalam sebuah kemasan menarik sehingga layak diperjual-belikan. Adanya program GEMARIKAN diharapkan dapat meningkatkan penghasilan dari pelaku UMKM sekaligus menambah daya tarik anak-anak dalam mengonsumsi ikan. Seperti yang sudah kita ketahui, ikan memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh.

Contoh olahan ikan (Dokpri)
Contoh olahan ikan (Dokpri)
Pengolahan lebih lanjut membuat harga jual ikan lebih tinggi dibandingkan ikan dalam bentuk segar sehingga menambah profit dari pelaku usaha. Adapun olahan dari ikan yang dapat dibuat antara lain risol ikan, kebab ikan, abon ikan, dan burger ikan. Pada program GEMARIKAN yang telah dilaksanakan, olahan yang diutamakan yakni risol ikan dengan bahan dasar isian ikan nila. Produk olahan ini, tergolong jarang dan hampir tidak pernah ditemui di sekitar Desa Pracimantoro dan menjadikannya terobosan baru untuk ide usaha yang menjanjikan.

Penulis                                     : Dian Nur Riski (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan)

Dosen Pembimbing Lapangan  : Muhyidin, S.Ag., M.Ag., MH.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN