Mohon tunggu...
Dian LestariGunawan
Dian LestariGunawan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Memprediksi Masa Depan Dunia Jurnalisme

1 Maret 2021   12:40 Diperbarui: 1 Maret 2021   12:48 202 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memprediksi Masa Depan Dunia Jurnalisme
sumber: careers2030.cst.org

Hi sobat kompasiana! mari kita bahas tentang masa depan!

Apa hal pertama yang terlintas di kepala kalian ketika memikirkan tentang masa depan? Pastinya adalah teknologi yang semakin canggih. Dengan perkembangan teknologi yang semakin lama semakin mempermudah kehidupan manusia, tentunya di dunia jurnalisme juga akan terdapat banyak perubahan.

Prediksi masa depan jurnalismeseperti apa saja yang akan terjadi nantinya?

Smart Journalism

Personalized news. sumber: news360
Personalized news. sumber: news360

Dengan menggunakan smart system, perusahaan media dapat memprediksi berita apa yang dapat dipresentasikan kepada pembaca. Ketika membuka aplikasi ataupun website berita, pembaca akan ditawarkan topik berita yang menarik perhatian mereka. Hal tersebut disebut dengan istilah personalized news. Jurnalisme akan lebih memerhatikan interestpembaca dan menawarkan berita yang memang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Virtual Reality

Penggunaan virtual reality. sumber: reviewit.pk
Penggunaan virtual reality. sumber: reviewit.pk

Walaupun masih belum menjadi arus utama di media, VR (virtual reality) sudah mulai digunakan oleh USA Today, sebuah perusahaan koran di Amerika Serikat untuk memberikan "pengalaman realistis". Tentunya, VR memiliki potensi yang sangat besar bagi para pembaca dan penonton untuk dapat lebih mendalami sebuah informasi dibandingkan hanya melihat text dan gambar. Namun, harga yang dikeluarkan untuk mampu mendapatkan VR masih sangat mahal. Tentu saja hal ini akan berubah di masa depan.

Robot Journalism

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN