Mohon tunggu...
Dian LestariGunawan
Dian LestariGunawan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengenal Multimedia dan Elemennya

23 Februari 2021   14:52 Diperbarui: 23 Februari 2021   15:15 139 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Multimedia dan Elemennya
source: freepik

Multimedia, sebuah kata yang sudah tidak asing bagi para warga informasi yang sudah mengalami perkembangan teknologi di era digital. Dalam dunia jurnalisme, multimedia digunakan sebagai sebuah perangkat dalam proses produksi berita.

Definisi Multimedia

Sebelum masuk lebih dalam, tentunya kita harus mengerti definisi dari multimedia.

Mark Deuze, seorang profesor studi media di Universitas Amsterdam memberi definisi terhadap multimedia dengan dua cara di dalam jurnalnya.

Definisi yang pertama adalah multimedia merupakan sebuah presentasi dari sebuah paket berita di dalam sebuah website yang menggunakan dua atau lebih format media seperti kata-kata yang dilantarkan melalui tulisan ataupun diucapkan, musik, gambar yang bergerak atau tidak bergerak, animasi grafik, dan elemen hypertekstual dan interaktif.

Definisi yang kedua adalah multimedia merupakan presentasi dari sebuah paket berita yang diangkat melalui media yang berbeda seperti sebuah website, e-mail, SMS, radio, televisi, koran, dan majalah.

Elemen-Elemen Multimedia

Multimedia menggunakan berbagai jenis media untuk menyampaikan pesan, dan juga penggunaan elemen atau komponen interaktif. Diangakat dari jurnal Sigit, Elemen-elemen atau komponen multimedia yang dimaksud adalah:

  • Teks

Teks di dalam koran. source: movies.stackexchange.com
Teks di dalam koran. source: movies.stackexchange.com

Teks merupakan sebuah kombinasi huruf yang membentuk suatu kalimat yang kemudian menjelaskan suatu maksud yang dapat dimengerti oleh orang-orang yang membacanya. Di dalam jurnalisme multimedia, teks digunakan untuk mendeskripsikan berita atau informasi yang dapat dimengerti oleh pembaca.

  • Grafik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN