Mohon tunggu...
Dian Kelana
Dian Kelana Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pengelana kehilangan arah

www.diankelana.web.id | www.diankelanaphotography.com | www.diankelana.id

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Ngobrol Santai Bersama Arif Gunawan Dewa SEO

5 April 2020   05:02 Diperbarui: 5 April 2020   05:24 366
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Arif Gunawan bersama karyawannya (Dokpri)

Tujuh tahun lalu adalah awal pertemanan saya dengan Arif Gunawan melalui Facebook. Tidak sampai setahun, bersama beberapa teman blogger lainnya kami diundang untuk datang ke markas Dewa SEO di ITC Kebon Kelapa, Bandung. 

Saat itu saya belum tahu ada acara apa, tapi karena yang diundang juga teman-teman blogger lain yang juga berasal dari luar Bandung saya ikut saja. Setelah semua berkumpul di Bandung, kami lalu diajak ke Pangalengan, Bandung Selatan.  Rupanya kami diajak ke sebuah tempat wisata yang mempunyai fasilitas arung jeram, flying fox dan perang-perangan dengan paint ball.

Rabu, 04/03 kemarin, saya sempat berkunjung ke kantor Dewa SEO yang berada di daerah Soreang, Bandung. 

Berangkat sehabis shalat subuh dengan travel Daytrans dari Thamrin City, Jakarta.  Alhamdulillah pukul 08.05 saya sampai di Pasteur, Bandung. Dengan memesan Gojek saya berangkat ke Soreang. Karena belum sempat sarapan di Jakarta, begitu turun Gojek saya langsung mencari tempat sarapan,  ketemu warteg dan sarapan disana.

Setelah urusan perut tuntas ditunaikan, saya lalu mengontak Arif melalui WA dan menyebutkan posisi saya. Tak lama kemudian masuk jawaban dari Arif yang mengatakan kalau saya tinggal menyeberang saja dan masuk ke jalan Ciharum. 

Arif Gunawan saat ngobrol di teras rumahnya (Dokpri)
Arif Gunawan saat ngobrol di teras rumahnya (Dokpri)
Benar saja, begitu saya masuk jalan Ciharum, seratus meter dari posisi saya berdiri, saya melihat satu sosok dengan memakai sarung dan kaos oblong berdiri di pinggir jalan sambil melihat ke arah saya. Karena jalan Ciharum saat itu sepi dan satu-satunya orang yang berada disana, maka saya langsung menduga kalau yang berdiri disana itu adalah Arif Gunawan sang owner Dewa SEO.

Tebakan saya rupanya tidak salah, karena setelah dekat kepastian itu langsung terjawab. Setelah mengucap assalamualaikum dan bersalaman, Arif langsung mengajak saya masuk pekarangan lalu istirahat sejenak di kursi yang ada di teras rumahnya. Tak lama kemudian segelas teh manis berikut camilan hadir di atas meja.

Saya cukup beruntung bisa bertemu langsung dengan sang pemilik Dewa SEO, Arif Gunawan, yang dikalangan teman-teman netizen lebih akrab dipanggil dengan Kang Argun. 

Enam tahun tak bertemu, tak banyak perubahan yang  terlihat di penampilan bung Arif Gunawan ini. Terakhir berjumpa saat dia masih berkantor di ITC Kebon Kelapa. Berbeda dengan penampilannya yang masih energik, rupanya banyak hal terjadi selama kami tak bertemu. Pasang surut bisnis jasa SEO sempat membuat Arif pindah kantor dari ITC Kebon Kelapa, juga karena gara-gara musim batu akik, sehingga suasana di sekitar kantornya tidak lagi kondusif, Arif lalu membubarkan perusahaannya.

Dikdik, senior jebolan ITC Kebon Kelapa (Dokpri)
Dikdik, senior jebolan ITC Kebon Kelapa (Dokpri)
Sempat pindah ke Margahayu,  Arif membangun lagi bisnisnya. Mulai dari bekerja sendiri dengan mengontrak sebuah kamar, tak lama kemudian pindah lagi ke Pasundan. Karena sudah punya client yang tetap setia sejak di ITC serta bertambahnya client baru, pelan-pelan Arif kembali bangkit dan merekrut pegawai baru. Kontrakan yang tadinya hanya satu kamar buat kantor, akhirnya bertambah menjadi empat kamar, sebagian diantaranya untuk kost karyawan yang tinggalnya cukup jauh dari kantor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun