Mohon tunggu...
Dian Kelana
Dian Kelana Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pengelana kehilangan arah

www.diankelana.web.id | www.diankelanaphotography.com | www.diankelana.id

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Pisahkan Login Kompasiana dari Kompas.com

15 Mei 2019   05:39 Diperbarui: 15 Mei 2019   06:48 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat saya berkunjung ke Kompasiana di Palmerah Barat dalam salah satu acara Ngoplah, saya sudah sampaikan kepada COO Kompasiana, Nurulloh. Bahwa login ke Kompasiana saat ini susah sekali. Malah yang bersangkutan sudah mencobanya di HP saya, sewaktu acara Kompasianival berlangsung di Kuningan, namun tetap gagal login ke Kompasiana.

Nurulloh yang lebih akrab dipanggil Nurul Uyuy tersebut, juga bingung kenapa hal tersebut bisa terjadi. Hingga hari ini, saat artikel ini ditulis, saya tetap gagal login ke Kompasiana. Melalui Google Chrome ataupun melalui Mozilla Firefox.

dokpri
dokpri
Lucunya, saat saya masuk ke  situsnya www.kompas.com, saya tak menemui halangan apapun. Logikanya, kalau saya sudah bisa masuk ke kompas.com, secara otomatis akun saya di Kompasiana juga sudah aktif, karena memang begitulah harusnya SSO kompas.com tersebut didesain dan bekerja. Tapi coba deh lihat dua gambar yang saya tampilkan ini.

Gambar atas memperlihatkan saya berhasil login ke kompas.com, dan nama saya sudah terpampang di halaman depannya, seperti terlihat pada lingkaran merah di atas. 

Saya kemudian pergi ke Kompasiana. Seperti terlihat pada gambar di bawah, terlihat akun saya belum aktif dan seperti terlihat pada lingkaran merah, gambar pintu dengan tanda panah, yang menandakan saya harus login lagi. Jadi, dari kondisi ini terlihat antara kompas.com dan Kompasiana merupakan suatu situs yang terpisah dengan masing-masing mempunyai pintu masuk sendiri-sendiri.

dokpri
dokpri
Ada dua hal yang saya temui bila saya mencoba masuk ke Kompasiana. Pertama bila saya tidak masuk melalui kompas.com, tapi langsung ke Kompasiana, maka yang tampil adalah gambar paling atas dengan tulisan Error dan palang policeline kuning hitam. Seperti yang disarankan, agar saya mengulang masuk lagi, tapi saat saya lakukan kondisinya tetap tak berubah, tetap saja error.

Lalu bila saya masuk melalui kompas.com, dan berhasil. Maka saat saya mencoba masuk lagi, juga ada dua kemungkinan. Pertama kotak dialog login tidak tampil, walau pintu masuk untuk loginnya sudah saya klik berulang kali. Atau yang kedua, kotak dialognya tampil, tapi setelah email dan psword diisi, lalu klik login, namun kotak dialognya kembali bengong dan tak bereaksi. Mumet, deh...

dokpri
dokpri
Lalu bagaimana saya bisa login dan menulis artikel ini? Iseng-iseng saya menginstal Opera, setelah terinstall dan huruf O merahnya tampil di sudut kiri atas, saya lalu  membuka Kompasiana dan kemudian mencoba masuk, Bingo....!!! Lalu saya tulislah artikel ini. Cuma masalahnya, bila saya mengklik artikel teman yang dibagikan di Facebook atau Twitter, maka terbukanya tetap saja di Google Chrome. Sehingga saya hanya bisa membaca artikelnya, tapi tidak bisa memberi rating atau menulis komentar. Sebelnya pake bangettt... :-(

dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun