Mohon tunggu...
Dianita Sari08
Dianita Sari08 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa PKL UNNES 2021 Melakukan Penyuluhan Terkait Leukemia dan Kemoterapi pada Anak di Kelurahan Cibodas

6 Desember 2021   07:03 Diperbarui: 6 Desember 2021   07:23 45 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada Hari Senin, tanggal 11 Oktober 2021 telah diadakan Penyuluhan Kesehatan oleh mahasiswa PKL UNNES yang didampingi oleh para kader di RW 4 kelurahan cibodas terkait Leukemia serta kemotrerapi pada anak untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang leukemia dan kemoterapi pada anak. Adapun metode yang dilakukan adalah membagikan leaflet sebagai media edukasi kepada masyarakat mengenai leukemia dan kemoterapi pada anak serta menjelaskan lebih lanjut kepada masyarakat terkait dengan materi leukemia dan kemoterapi pada anak.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait dengan leukemia dan kemoterapi pada anak khususnya di RW 04, Kelurahan Cibodas. Dalam penyuluhan ini terdapat beberapa poin yang disampaikan kepada masyarakat.

*Pertama, Pengertian dari Leukemia atau yang dikenal sebagai kanker darah

*Kedua, Pengertian dari Kemoterapi yang merupakan salah satu pengobatan untuk leukemia

*Ketiga, Efek samping dari kemoterapi adalah Rambut rontok, Nyeri, Kehilangan nafsu makan, Penurunan berat badan, Mual dan muntah, gusi berdarah, dan mimisan, Sulit tidur, Rasa lelah dan lemah sepanjang hari, Konstipasi atau diare, dan Sariawan.

*Keempat, Penatalaksanaan dari efek samping kemoterapi

Sumber :

Bernard, S. C., Abdelsamad, E. H., Johnson, P. A., Chapman, D. L., & Parvathaneni, M. (2017). Pediatric Leukemia: Diagnosis to Treatment -- A Review. Journal of Cancer Clinical Trials, 2(May), 1--4.

Hapsari, H. I., Rahmawati, I., & Sugiyarti. (2019). Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Dalam Perawatan Efek Samping Kemoterapi Pada Anak Leukemia Melalui Booklet Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Media Husada, 8(November), 82--87.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan