Mohon tunggu...
Dianisa Rizkika
Dianisa Rizkika Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sedang belajar menulis

Anak teknik yang gemar minum kopi dan bercita - cita menjadi pegiat literasi

Selanjutnya

Tutup

Digital

Ini Dia Ulasan 4 BRand Lokal Pilihan Situs UKM Juwara Dukung Kolaborasi Gerakan Bangga Buatan Indonesia

28 November 2021   12:38 Diperbarui: 28 November 2021   12:44 114 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1. Go Digital Mulai Banyak Digandrungi oleh Pelaku UMKM (Sumber : https://wallpaperaccess.com/)

Sektor UMKM memiliki peran strategis yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional Indonesia terutama dalam menopang PDB Indonesia. Mengapa demikian? Diketahui bahwa kontribusi pertumbuhan UMKM mencapai angka 57,8% terhadap PDB Indonesia. Tidak hanya berperan dalam peningkatan pendapatan nasional, UMKM juga menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang fantastis. Dari data laporan Kementerian Koperasi dan UKM RI, diketahui bahwa secara gabungan UMKM menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional. 

Gambar 2. Akselerasi UMKM dengan Situs UKM JuWAra (Sumber : https://www.whizsky.com/)
Gambar 2. Akselerasi UMKM dengan Situs UKM JuWAra (Sumber : https://www.whizsky.com/)
Go Digital dengan Kanal Resmi UKM JuWAra,  Dukung UMKM Naik Kelas di Tengah Pandemi

Roda perekonomian nasional termasuk performa UMKM mengalami penurunan dan menjadi sektor yang paling rentan terkena imbas pandemi Covid-19. Menghadapi hal tersebut, pemerintah Indonesia terus berusaha memberi beragam bantuan dan stimulus untuk UMKM melalui krisis pandemi yang belum juga berakhir ini. Jenis bantuan tersebut diantaranya subsidi bunga pinjaman, insentif PPh, bantuan produktif, hingga pendampingan dan pelatihan UMKM. Bahkan alokasi anggaran yang disediakan untuk klaster Dukungan UMKM pun tidak main-main, besarannya mencapai Rp95,87 triliun. 

Selain bantuan dan stimulus berupa materi, sentuhan transformasi digitalisasi menjadi salah satu perhatian pemerintah karena terbukti mampu mendorong UMKM untuk bertahan sekaligus memperluas akses pasar melalui kerja sama dengan berbagai platform digital. Oleh karena itu, langkah Go Digital menjadi suatu urgensi yang perlu dilakukan sebagai penguatan terhadap UMKM yang sudah berjalan agar dapat 'naik kelas' dan berkembang lebih baik dari berbagai sisi mulai dari marketing hingga bagian finansial UMKM. Jika UMKM makin berkembang, secara otomatis maka kontribusi mereka bagi perekonomian Indonesia juga makin besar.

Disinilah peran Pemerintah dan mitra dari pihak swasta untuk mendukung secara aktif, mendorong, serta merangkul UMKM dengan membuat program-program strategis dalam rangka memajukan UMKM Indonesia. Salah satu tindakan nyata pemerintah yang perlu diapresiasi yakni terwujudnya katalog digital www.ukmjuwara.id yang merupakan kolaborasi dari perusahaan WhatsApp dan ukmindonesia.id yang penyelenggaraannya didukung oleh yang turut didukung oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, APINDO UMKM AKADEMI, dan pihak lainnya. Akselerasi UMKM  yang dituntut untuk mengambil langkah Go Digital menjadi latar belakang gagasan program UKM JuWAra yang mulai diinisiasikan pada tahun 2020 dan dilanjutkan hingga tahun ini.

Kanal resmi www.ukmjuwara.id berisikan katalog dan profil dari 100 UMKM terpilih dari berbagai daerah di Indonesia. Jadi pada dasarnya, UKM JuWAra adalah wadah atau kalau bahasa kekiniannya jadi tempat 'kongkow' brand-brand lokal UMKM pilihan yang sudah dikurasi. Situs ini menyajikan lima (5) submenu kategori produk, yaitu makanan berat dan bumbu, minuman dan madu, camilan dan kue, pakaian, aksesoris, dan kerajinan. Paket komplit lah intinya.

FYI, pada awalnya situs katalog ini terinspirasi dari pendekatan Conversation Commerce atau c-commerce. Dengan menggunakan pendekatan tersebut, konsumen dan 100 calon mitra UKM terpilih akan lebih leluasa dan nyaman dalam melihat, memilih, dan berinteraksi dengan para #UKMJuWAra melalui situs katalog digital di s.id/ukmjuwara dan Katalog WhatsApp Business yang terhubung langsung dengan tautan chat Whatsapp Business, akun media sosial Instagram dan juga e-commerce dari UMKM terpilih. 

Tidak berhenti disitu saja, situs yang memuat katalog dari berbagai UMKM ini menawarkan inovasi yang dapat mempermudah calon pelanggan untuk menjelajahi katalog berdasarkan kategori produk dan lokasi usaha-usaha tersebut. Integrasi dari kedua fitur tersebut dinilai lebih efektif dalam menghadirkan pengalaman interaksi yang lebih akrab dan personal. Menurut WhatsApp Inc, program ini membuat ukmindonesia.id sebagai pelopor atau penggerak komunitas pertama yang mengoptimalkan penggunaan fitur Katalog WhatsApp Business untuk mempromosikan bisnis anggotanya. 

Situs katalog UMKM JuWAra diharapkan dapat memperoleh spotlight dan exposure yang besar di berbagai kalangan, mengingat waktu peluncurannya bertepatan dengan suasana dalam rangka menyambut perayaan natal dan tahun baru, sehingga para calon pelanggan dapat sekaligus mendukung UMKM lokal dalam katalog tersebut. Nantinya hasil capaian visit link, chat whatsapp business, maupun rekapitulasi penjualan  dari program Katalog 100 UKM JuWAra 2020 juga akan dituangkan oleh tim UKM JuWAra ke dalam laporan dampak ukmindonesia.id 2020 yang dapat diunduh secara bebas di situs yang sama.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan