Mohon tunggu...
Diandra Kintan Dewantari
Diandra Kintan Dewantari Mohon Tunggu... Lainnya - indonesia people

patient and always grateful

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Peningkatan Kasus Covid - 19 di Indonesia

29 Juli 2021   12:35 Diperbarui: 29 Juli 2021   13:12 30 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peningkatan Kasus Covid - 19 di Indonesia
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Covid-- 19 merupakan penyakit yang disebarkan oleh virus korona, virus korona sudah tersebar di berbagai belahan dunia. Virus korona pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina pada tanggal 1 Desember 2020, hingga pada tanggal 2 Maret 2020 untuk pertama kalinya penyakit Covid-- 19 ditemukan di Indonesia. 

Berawal dari satu orang terjangkit Covid-- 19, setiap harinya menjadi semakin bertambah banyak, bahkan virus ini banyak memakan korban jiwa. World Health Organization (WHO) telah menetapkan bahwa Covid-- 19 merupakan pandemi dan saat ini virus korona memiliki 6 varian, yaitu alfa, beta, game,delta, lamda, dan kappa.

Pada bulan Maret kasus Covid -- 19 sempat menurun daripada bulan sebelumnya. tetapi pada bulan Juni dan Juli 2021 kasus Covid -- 19 di Indonesia kembali mengalami peningkatan yang cukup tinggi, kenaikan anggka kasus Covid -- 19 disebabkan oleh masuknya varian delta ke Indonesia, varian delta lebih mudah untuk menularkan orang lain dan masa inkubasinyapun juga lebih cepat daripada varian yang lainnya. 

Kasus Covid -- 19 varian delta banyak ditemukan di daerah Jawa Barat dan Jakarta. Bukan karena adanya varian baru Covid -- 19  saja yang menyababkan lonjakan kasus Covid  -- 19 di Indonesia terjadi, tetapi juga kurangnya pemahaman tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan pada masa pandemi ini, sehingga masih banyak masyrakat yang lalai terhadap protokol kesehatan dan tenyata vaksinasi sangat berpengaruh untuk melawan virus korona dalam tubuh.

Karena kenaikan angka positif  korona di Indonesia meningkat, rumah sakit dan wisma atlet penuh, bahkan ada beberapa orang yang sudah terpapar dengan gejala yang cukup parah tidak bisa mendapatkan pengobatan di rumah sakit. 

Semenjak meningkatnya Covid -- 19, oksigen tabung menjadi sasaran masyrakat, karena ketika terpapar Covid -- 19 saturasi oksigen dalam darah mengalami penurunan dan jika itu tidak segera ditangani itu akan mengakibatkan kematian. Pemburuan oksigen tabung di kalangan masyrakat sangat berdampak ke rumah sakit, rumah sakit menjadi sulit untuk mendapatkan oksigen tabung. Sehingga, peningkatan kasus kematian akibat Covid -- 19 di Indonesia ikut melonjak.

Melonjaknya kasus Covid -- 19 sangat berdampak ke beberapa rumah sakit, yang terpaksa tidak melayani pasien yang terpapar Covid -- 19 karena fasilitas dan obat -- obatan yang tidak memadai untuk menangani pasien tersebut. Kasus ini juga berdampak ke tenaga kesehatan, banyak tenaga medis yang terpapar Covid -- 19, bahkan tidak sedikit juga dokter yang meninggal dunia akibat Covid -- 19. 

Lalu kegiatan -- kegiatan masyarakat, seperti bekerja, menuntut ilmu dan sebagainya terpaksa harus dilakukan di rumah. Pemulihan perekonomian Indonesia menjadi terhambat karena terjadinya pembatasan kegiatan masyarakat, hal ini akan berdampak ke kebutuhan masyarakat. Angka kemiskinan di Indonesia juga jadi meningkat.

Pemerintah melakukan banyak cara untuk menurunkan angka Covid -- 19 di Indonesia. Pemerintah Indonesia melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah yang ada di Indonesia, hal ini dilakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat di tengah meningkatnya kasus Covid -- 19 di tanah air. 

Pemerintah juga sudah meminta semua masyarakatnya untuk mengikuti program vaksin, hal ini bertujuan untuk mengurangi diri dari paparan virus korona. Bukan hanya pemerintah saja yang berusaha untuk menurunkan kasus Covid  -- 19 di Indonesia, bahkan berusaha untuk menghilangkankan virus dari tanah air tercinta ini. Masyarakat juga harus menyadari betapa berbahayanya virus ini dan betapa pentingnya kita menjaga orang -- orang yang kita cintai di sekitar kita. Usaha pemerintah akan sia -- sia jika kita sebagai masyarakat masih longgar terhadap protokol kesehatan dan peraturan -- peraturan yang diterapkan oleh pemerintah.

References

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x