Mohon tunggu...
Kesehatan

Alternatif Minim Risiko bagi Penyakit Jantung

23 Oktober 2017   23:06 Diperbarui: 23 Oktober 2017   23:27 1819 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alternatif Minim Risiko bagi Penyakit Jantung
pinterest.com

Suatu penelitian di Amerika Serikat telah membuktikan bahwa kadal air dapat menumbuhkan kembali kakinya setela dipotong. Kemampuan regenerasi ini juga dites pada jantung kadal, dan hasilnya menyatakan bahwa meskipun telah terkena serangan jantung dan sel-selnya rusak, jantung kadal dapat bekerja maksimal lagi setelah 1 minggu.

dokpri
dokpri
dokpei
dokpei
Mengapa bisa begitu? Mengapa kadal mampu meregenerasi dirinya sendiri dan manusia tidak?

Pertama-tama, saya akan menjelaskan mengenai diferensiasi sel. Diferensiasi sel adalah proses ketika sel kurang khusus menjadi jenis sel yang lebih khusus. Sebelum menjadi sel dewasa seperti sel otot, sel saraf, dll., sel pernah mengalami suatu fase di mana sel masih kecil dan belum terdiferensiasi. Nah, sel yang masih belum terdiferensiasi ini dinamakan stem cell/sel punca.

Ibaratnya, sel punca seperti bayi yang nantinya akan tumbuh dewasa menjadi dokter, pengacara, dan dispesialisasikan berdasarkan fungsinya.

Sel punca mempunyai 2 sifat:

 1. Kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi sel lain (differentiate). Dalam hal ini stem cell mampu berkembang menjadi berbagai jenis sel matang, misalnya sel saraf, sel otot jantung, sel otot rangka, sel pankreas, dan lain-lain. 

2. Kemampuan untuk memperbaharui atau meregenerasi dirinya sendiri (self-regenerate/self-renew). Dalam hal ini stem cell dapat membuat salinan sel yang persis sama dengan dirinya melalui pembelahan sel. 

Sel punca memiliki dua sumber, tergantung dari jenis apa yang akan diambil. Dua jenis sel punca yaitu sel punca embrionik yang diambil dari embrio dan sel punca dewasa biasanya diambil dari sumsum tulang, jaringan lemak, jaringan tali pusar, serta organ tertentu seperti liver. Perbedaan dari kedua jenis sel punca ini adalah kemampuannya untuk berdiferensiasi. Sel punca embrionik memiliki kemampuan berdiferensiasi yang lebih beragam daripada sel punca dewasa, sehingga lebih fleksibel untuk disisipkan di berbagai jaringan dan organ. Sedangkan sel punca dewasa terdiferensiasi dengan lebih spesifik. Prosedur penggunaan sel punca yang paling banyak digunakan adalah dengan transplantasi, yaitu dengan mengambil sel punca dari jaringan atau organ kemudian diinjeksikan melalui pembuluh arteri ke organ sasaran. 

Kadal air menggunakan sel punca untuk meregenerasi dirinya sendiri. Manusia memiliki kemampuan regenerasi juga, tapi tidak secepat kadal air. Agar manusia dapat menyembuhkan jantungnya sendiri, ditanamkanlah sel punca pada arteri jantung agar mampu menggantikan sel-sel yang rusak.

Detective Conan by Aoyama Gosho
Detective Conan by Aoyama Gosho
Jika anda membaca Detektif Conan, pasti anda tahu mengenai karakter Eisuke Hondo yang golongan darahnya berganti dari O menjadi AB karena operas leukemia yang dijalaninya saat kecil. Operasi ini mengambil donor dari sumsum tulang dan menggunakan terapi sel punca.

Perkembangan embrio manusia yang diawali oleh adanya fertilisasi sel sperma dan sel telur yang kemudian apabila dibuahi akan menjadi zigot. Zigot mengalami pembelahan dengan sangat cepat dan membentuk morula, blastocyst, dan kemudia menjadi trophoblast. Trophoblast akan berkembang membentuk bagian dari plasenta yang menjaga perkembangan embrio.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x