Mohon tunggu...
Diandra S. Caesarlita
Diandra S. Caesarlita Mohon Tunggu... A writer - An amateur cook - A random traveler

Hola! Let's be friends and share some stories :)

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Ini 5 Menu Berbuka Puasa yang Selalu Ada di Rumahku

13 Mei 2020   19:05 Diperbarui: 13 Mei 2020   19:06 30 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini 5 Menu Berbuka Puasa yang Selalu Ada di Rumahku
Sumber foto: Shutterstock

Wah, gak kerasa udah memasuki minggu ke-3 Ramadan nih. Gimana puasa kalian, teman-teman? Semoga lancar semuanya, ya. Berbeda dari puasa-puasa di tahun sebelumnya, puasa kali ini memang hanya kita habiskan #dirumahaja. Tapi, buat aku, ada sisi positif yang bisa diambil, sih. Karena anjuran untuk stay at home ini, kita jadi bisa buka puasa bareng keluarga setiap hari, loh.

Kalau biasanya kita seringkali buka puasa di kantor atau mungkin di perjalanan pulang, kali ini kerasa banget spesialnya. Apalagi sesekali aku juga suka ngajak adikku masak dan bikin takjil sendiri di rumah. Yah, walaupun lebih sering beli jadi sih hehehe. Oh ya, aku mau berbagi cerita tentang makanan berbuka puasa yang lagi sering banget ada di meja makan aku. Yah, siapa tahu bisa jadi inspirasi buat kalian kan? Yuk, cekidot!

Gorengan

seva.id
seva.id
Kalau kudapan berbuka yang satu ini kayaknya lumayan mainstream dan selalu ada di setiap rumah. Ya gak sih? Sebenarnya, aku gak setiap hari makan gorengan, karena gak sehat juga kan. Tapi, belakangan ini, aku lagi sering coba-coba resep camilan yang digoreng-goreng. Biar gak ribet aja gitu masaknya hehe. Selama puasa ini aku udah coba bikin risoles, lumpia, bakwan sayur, dan bakwan jagung. Selain itu, aku juga suka beli cireng alias aci goreng yang dicocol bumbu rujak itu lohhhh. Ya ampun, guilty banget tapi enak!

Dimsum

Menu yang satu ini bisa dibilang random sih buat aku. Kenapa? Karena sebelumnya gak pernah terpikirkan aja di dalam benakku bahwa buka puasa tuh enak loh pake dimsum. Sampai suatu hari aku udah keabisan ide mau beli takjil apa, mau masak juga males, terus salah satu temanku kasih rekomendasi restoran dimsum yang kata dia sih enak. 

Pas aku cek, wah lumayan banyak juga yang order, dan lokasinya dekat sama rumahku. Yaudah aku coba aja beli yang frozen, trus aku kukus deh menjelang berbuka. DAN TERNYATA BENERAN ENAK! Teksturnya lembut, daging ayam dan udangnya terasa, pokoknya bikin aku langsung nyetok berbungkus-bungkus di freezer.

Es Buah

shutterstock.com
shutterstock.com
Nah, kalau es buah sih hampir setiap hari ada nih di rumahku. Es buah tuh jadi salah satu takjil yang simpel tapi enak dan seger banget kalau dinikmati saat berbuka puasa. Kadang aku suka beli es buah di dekat rumah, tapi kalau lagi rajin, aku juga suka bikin bareng adikku. Gampang banget loh cara buatnya. Kamu cuma perlu menyiapkan buah-buahan favorit kamu, es batu, air, sirup, dan kental manis. Kalau semua sudah siap, tinggal dicampur aja deh semuanya. Gampang banget kan? Ada yang suka buka puasa pakai es buah juga gak?

Donat

sarajke.com
sarajke.com
Ada yang sadar gak sih kalau sekarang ini penampakan donat kampung atau donat kentang lagi menjamur banget di sosmed? Nah, ini juga yang ngebuat aku dan adikku tergoda untuk pesan dan nyobain donat kentang dari beberapa penjual yang lumayan hype di Instagram. Perlu digaris bawahi ya, kami tergerak untuk langsung pesan, bukan bikin loh hahaha. Duh, belum sanggup deh kalau harus bikin adonan donat, ngaduk sampe kalis, endebra endebre. Jadi, mending beli aja. Oh ya, kami biasanya beli donat dengan topping klasik, kayak gula halus, meses, dan keju. Tapi, banyak juga penjual yang berinovasi dengan topping kekinian, kayak selai cokelat crunchy, selai biskuit, cookies and cream, dan lain-lain.

Puding

Sumber foto: Shutterstock
Sumber foto: Shutterstock

Menu berbuka puasa selanjutnya adalah puding. Aku dan keluarga emang suka banget puding. Gak cuma buat kudapan berbuka, tapi kayaknya di berbagai kesempatan, kayak Lebaran, acara ulang tahun, sampai di momen makan-makan tahun baru selalu ada puding sebagai hidangan penutup. Selain gampang dibuatnya, buat kami, puding itu salah satu dessert yang light tapi enak. Biasanya, aku suka bikin puding mangga dengan vla vanila dan parutan keju di atasnya. Sumpah, enak banget! Kapan-kapan aku share resepnya, ya.

Itu dia beberapa menu buka puasa yang biasanya ada di rumahku. Ada yang sama juga kayak aku gak menu berbukanya? Kalau kamu punya rekomendasi menu atau sekalian mau berbagi resepnya, boleh banget ditulis di kolom komentar, ya! Yang penting, sehat-sehat dan lancar selalu puasanya, teman-teman. Semoga virus Corona segera pergi, jadi keadaan bisa kembali normal dan kita bisa melakukan berbagai aktivitas lagi, deh.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x