Dian Firmansyah
Dian Firmansyah Staf dibagian Humas dan Protokol Pemkab Bangka

Dian Firmansyah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

89 Peserta Ikuti Pelatihan Administrasi TBM Kabupaten Bangka

2 Mei 2018   13:30 Diperbarui: 2 Mei 2018   13:33 460 0 0
89 Peserta Ikuti Pelatihan Administrasi TBM Kabupaten Bangka
(Dok. Pribadi)

SUNGAILIAT -- Pemerintah Kabupaten Bangka, melalui Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka pada Rabu (02/05/2018) mengadakan kegiatan pelatihan administrasi Taman Bacaan Masyrakat (TBM) Tingkat Kabupaten bangka Tahun 2018.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Plt. Bupati Bangka Drs. Rustamsyah ini bertujuan untuk memberikan layanan bahan bacaan bagi masyarakat dalam rangka mendorong dan menumbuhkembangkan gemar membaca dan belajar sepanjang hayat bagi masyarakat. Serta meningkatkan minat baca msyarakat serta kemampuan, pengetahuan, keterampilan dan memperluas wawasan kader PKK tenatang administrasi TBM.

Dalam arahanya, Drs. Rustamsyah mengatakan TBM merupakan sarana dan sumber belajar, dalam meningkatkan minat baca, menuju masyrakat Kabupaten bangka yang cerdas dan sejahtera. Menurutnya, ada 4 (empat) hal penting yang harus mendapat perhatian dalam pendirian sebuah TBM, yakni:

"Pertama, mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan masyrakat. Kedua, mengoptimalkan peran donatur yang bersedia membantu baik moril maupun material yang dapat berupa koleksi atau pengembangan sarana dan prasarana. Ketiga, melakukan kerjasama dengan dengan berbagai pihak. Dan keempat, TBM dibangun untuk kpentingan masyrakat, oleh karena itu pengelola dapat merancan proram ker5ja yan mampu menoptimalkan peran TBM dalam mewujudkan budaya baca, sekaligus pemberdayaan masyrakat"jelas Rustamsyah.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan dukungan dari semua pihak yang telah membantu dan hadir untuk mengikuti kegiatan ini, terutama kepaa Ibu-ibu anggota Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa.

"Saya ucapkan selamat mengikuti pelatihan, semoga sukses dalam menyerap materi yang diberikan oleh para nara sumber. Sehingga setiap informasi yang didapat dalam pelatihan ini dapat diterapkan dan diimplementasikan kepada seluruh masyrakat di Kabupaten Bangka ini "harap Plt. Bupati Bangka Drs. Rustamsyah.

(Dok. Pribadi)
(Dok. Pribadi)
Sementar itu, Suriani Rustamsyahselaku Plt. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, mengatakan kegiatn ini merupakan salah satu upaya TP PKK Kabupaten bangka untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan memperluas wawasan kader PKK khususnya Pokja II tentang administrasi dan mengelolah TBM di wilayah masih-masing.

"TP PKK Kecamatan/Kelurahan/Desa merupakan ujung  tombak kegiatan PKK wilayah masing-masing, maka dengan pelatihan ini hendaknya mampu menyampaikan semua yang diketahui kepada anggota PKK didalam mengumpulkan, mengelolah, administrasi TBM sehingga TBM dapat berjalan dengan manajemen yang jelas"jelas Suriani.

Menurutnya, TBM adalah sebuah wadah yang bergerak dibidang pendidikan yang bertujuan untuk memberikan layanan bacaan bagi masyarakat dalam rangka mendorong dan menumbuh kemabngkan gemar membaca dan belajar dalam masyarkat .

"TBM diharapkan dapat melayani kepentingan penduduk yang tinggal disemua lapisan tanpa membedakan latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya dalam memenuhi kebutuhan tentang buku"kata Suriani.

Ditambahkannya, taman bacaan sangatlah penting, seperti slogan yang sering didengar bahwa membaca adalah 'Gerbang Dunia'. Kalimat tersebut berusaha meyakinkan kita betapa esarnya manfaat mebaca.

"Hampir semua informasi disajikan dalam bentuk bacaan, berupa buku, majalah, koran dan sebagainya, semua itu menuntut kita untuk gemar memaca dan meingkatkan minat bacaanya. Karena dengan membaca kita bisa lebih tahu banyak hal dan juga bisa mengembangkan potensi diri, memperluas wawasan dan menambah ilmu pengetahuan"pungkasnya.

(Dok. Pribadi)
(Dok. Pribadi)
Kegiatan yang berlangsung 1 (satu) hari ini, diadakan di Sekretariat PKK Kabupaten Bangka. Dengan jumlah peserta sebanyak 89 orang yang terdiri dari satu orang Pokja II TP PKK Kecamatan, dan masing-masing satu orang Pokja II dari PKK Kelurahan/Desa. Dengan nara sumber dari Dinas kearsipan dan Perpustakan Kabupaten Bangka, dan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka. . (dian firmansyah/foto : dian firmansyah/Humas dan Protokol Pemkab Bangka)