Mohon tunggu...
Diana Dwi Putri
Diana Dwi Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - video/editor

gabisa ngedit video tp pgn belajar, suka kucing, nonton dan jalan jalan

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat Pilihan

Santaku (Sampah Tanggung Jawabku)

3 Desember 2022   13:22 Diperbarui: 6 Desember 2022   23:36 417
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim Aqua yang sedang berkeliling untuk mengganti trash bag dan memilah sampah. Sumber foto: DianaPutri

Apa yang tidak bisa dipisahkan dari adanya acara? Sampah. Ya, apapun jenis acaranya sudah pasti akan ada sampah yang berserakan, terutama saat keadaan sedang sangat ramai. Kondisi ini mendorong tim aqua untuk ikut serta dalam kegiatan Muktamar Muhammadiyah & ‘Aisyiyah ke-48, yang diadakan di De Tjolomadoe, Surakarta Jawa Tengah.

Aqua meminta bantuan kepada salah satu Universitas di Solo untuk mendukung kelangsungan acara tersebut dalam edukasi, dan tentunya mereka memberi contoh kepada pengunjung mengenai sampah harus dibuang pada tempatnya. Sudah dipastikan saat acara seperti ini, orang-orang akan acuh terhadap sampah yang mereka genggam sendiri. 

Novel (24) merupakan mahasiswa Universitas 'Aisyiyah Solo dan juga bagian dari tim Aqua. Ia meminta bantuan kepada teman-temannya untuk ikut menyukseskan acara ini dengan tidak adanya sampah disekitar area berlangsung. Dia kembali dipercaya oleh Aqua untuk menjadi koordinator di kegiatan acara Muktamar ini. Tak banyak orang yang mau melakukan pekerjaan seperti ini, namun Novel memiliki jiwa-jiwa muda yang bersikeras untuk mewujudkan bahwa kita bisa menjaga kebersihan.

Berbeda dengan mahasiswa lainnya yang menghabiskan waktu luang untuk bermain dan nongkrong bersama teman-teman, Novel selalu meluangkan waktunya untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. Dia terikat dengan banyak organisasi didalam kampus maupun diluar kampus. 

"Dalam kegiatan ini tak hanya dari tim Aqua saja namun ada beberapa yang ikut turun seperti tim relawan dan fair muhammadiyah sendiri, bahkan orang dari luarpun boleh mengikuti kegiatan ini," ucapnya. Kegiatan ini bukan pertama kalinya yang ia ikuti, namun sebelumnya ia juga pernah berkonstribusi dalam event-event besar lainnya.

Menurutnya menjaga kebersihan adalah suatu kewajiban setiap orang, dan masyarakat Indonesia minim kesadaraan akan sampah. Ia tak bosan selalu mengingatkan pengunjung untuk selalu membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah tersebut.

Selama pandemi perekonomian masyarakat terhenti, dan dengan adanya acara Muktamar ini membantu membalikkan kembali roda kehidupan. Banyak UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan Instansi Muhammadiyah lainnya yang ikut memeriahkan bazar dalam rangkaian acara Muktamar Fair.  

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat lebih perhatian lagi dengan kebersihan, dimanapun kita berada tetaplah menjaga kebersihan, karena dengan lingkungan yang bersih hidup juga akan terasa nyaman.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun